Inilah Teroris Pembawa Truk Maut di New York

Inilah Teroris Pembawa Truk Maut di New York
Syaifullo Saipov yang menjadi pelaku teror dengan menggunakan truk di Manhattan, New York. Foto: St. Charles County Police Department/AFP

jpnn.com, NEW YORK - Kepolisian New York telah membekuk pelaku teror bernama Sayfullo Saipov (29) yang menewaskan 8 orang di Manhattan, Selasa (31/10) waktu setempat. Pria berewokan itu menggunakan truk sewaan untuk menebar teror di jalan hingga akhirnya dilumpuhkan oleh polisi.

Laman New York Post mengabarkan, polisi menemukan catatan tangan dalam Bahasa Arab di dalam truk yang disewa Saipov dari perusahaan bernama Home Depot. Isi tulisan tangan itu adalah loyalitas Saipov kepada kelompok Negara Islam Irak Suriah (ISIS). Bahkan, di dalam truk yang digunakan untuk menebar teror di jalanan Manhattan juga terdapat bendera ISIS.

Menurut saksi, sosok Saipov ering bertingkah aneh. Seorang manajer di Farm Boy Super Fresh Supermarket, Getty Avenue, NJ menuturkan, Saipov selalu terlihat berubah-ubah pikiran.

“Setiap dia datang ke sini dia selalu tak menentu atau berdebat dengan kasir,” ujar saksi yang enggan disebutkan namanya. “Dia akan tiba-tiba marah, membanting kaleng-kaleng, melakukan hal-hal bodoh.”

Menurut saksi, Saipov bisa lancar bercakap-cakap dalam Bahasa Inggris. Namun, dia sering kali bertindak kasar dan memaki kasir Farm Boy Super Fresh Supermarket.

“Saya rasa dia berprasangka kepada para kasir. Apakah mereka berhijab atau tidak, dia akan meremehkan mereka,” tutur saksi.

Saipov yang kini berada di tahanan kepolisian juga kerap berdebat soal harga Dry Ginger Ale Kanada. Biasanya Saipov berulah ketika membeli 12 pak Ginger Ale Kanada dan meminta pelayan mengemasnya.

“Dia menginginan harga seperti keinginannya. Selalu jadi masalah,” tuturnya.(nypost/ara/jpnn)


Kepolisian New York telah membekuk pelaku teror bernama Sayfullo Saipov yang menewaskan 8 orang di Manhattan.


Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News