JPNN.com

Inilah Tuntutan Hukuman buat Pembakar Mobil Via Vallen

Rabu, 20 Januari 2021 – 22:04 WIB
Inilah Tuntutan Hukuman buat Pembakar Mobil Via Vallen - JPNN.com
Proses rekonstruksi kasus pembakaran mobil milik penyanyi Via Vallen di Sidoarjo, Jawa Timur Foto: ANTARA/Indra

jpnn.com, SIDOARJO - Jaksa penuntut umum (JPU) meminta majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Sidoarjo menjatuhkan hukuman 3 tahun penjara kepada Pije yang didakwa membakar mobil milik biduan Via Vallen.

Jaksa M Ridwan Dermawan yang membacakan surat tuntutan menyatakan bahwa Pije terbukti melanggar Pasal 187 ayat 1 KUHPidana.

"Agar majelis hakim yang menyidangkan dan mengadili perkara a quo menjatuhkan pidana penjara selama tiga tahun kepada terdakwa dikurangi masa tahanan," kata Ridwan dalam persidangan virtual di PN Sidoarjo, Rabu (20/1).

Menurut JPU, ada sejumlah hal yang memberatkan tuntutan hukuman. Antara lain terdakwa terbukti merugikan pihak lain dan bersikap tidak sopan di persidangan.

"Hal yang meringankan yaitu terdakwa berusia muda, mengakui perbuatannya dan belum pernah dihukum," katanya.

Menanggapi tuntutan itu, terdakwa mengajukan satu permintaan. Pada persidangan yang dipimpin Hakim Dameria Frisella Simanjutak itu terdakwa meminta dirinya dipertemukan dengan keluarga Via Vallen.

Menurut Pije, ada komplotan yang harus diungkap. "Permintaan saya hanya itu, Bu Hakim," ujar terdakwa.

Majelis hakim kemudian meminta Pije menyampaikan permintaan itu dalam nota pembelaan atau pleidoi pada sidang selanjutnya yang digelar pekan depan.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...