Senin, 25 September 2017 – 23:50 WIB

Inovasi Layanan Publik, 3 Daerah Ini Jadi Finalis Kompetisi Dunia

Sabtu, 09 Mei 2015 – 00:35 WIB
Inovasi Layanan Publik, 3 Daerah Ini Jadi Finalis Kompetisi Dunia - JPNN.COM

Inovasi Layanan Publik, 3 Daerah Ini Jadi Finalis Kompetisi Dunia

JPNN.com JAKARTA -- Tiga inovasi layanan publik dari Kabupaten Pinrang, Kabupaten Sumenep, dan Kota Cilegon menjadi finalis United Public Service Awards (UNPSA) 2015.

Kompetisi layanan publik tingkat dunia tersebut menempatkan hasil karya ketiga kab/kota sebagai finalis atas keberhasilan di sektor kesehatan dan ekonomi.
 
Menurut Deputi Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Mirswati Sudjono, untuk Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, program inovasi pelayanan publiknya bernama Pengembangan Unit Perinatologi Menurunkan Kematian Bayi.

Inovasi yang dilaksanakan oleh RSUD Lasinrang, Kabupaten Pinrang itu berhasil menurukan angka kematian bayi dari angka 11,5 persen menjadi 4,15 persen.

Sedangkan program inovasi yang dijalankan oleh Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, adalah Optimalisasi Regulasi melalui Penyelenggaraan Administrasi Kecamatan.

Fokus utama inovasi ini adalah memberikan akses pelayanan yang lebih mudah kepada masyarakat setempat melalui kecamatan.
 
Adapun finalis terakhir asal Indonesia datang dari Kota Cilegon dengan inovasi yang bertajuk Reformasi Pajak Daerah: Dari Rakyat, Oleh Rakyat, dan Untuk Rakyat.

Program inovasi ini dilaksanakan oleh Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Kota Cilegon yang menonjolkan pendekatan pasrtisipatif kepada seluruh wajib pajak setempat.
 
"UNPSA merupakan ajang kompetisi tahunan penilaian pelayanan publik bergengsi tingkat dunia yang diadakan PBB. Tujuan pelaksanakan kompetisi ini adalah untuk menghargai prestasi kreatif dan kontribusi pelayanan publik yang lebih responsif di seluruh dunia," terang Mira di Jakarta, Jumat (8/5).

Penilaian kompetisi ini dibagi menjadi empat kategori dengan cakupan lima wilayah, yakni Asia Pasifik, Afrika, Eropa dan Amerika Utara, Amerika Latin dan Karibia, serta Asia Barat.

Untuk tahun ini, UNPSA akan diselenggarakan di Kota Medellin, Kolombia, pada 23-26 Juni mendatang. "Kami ucapkan selamat kepada pemenang UNPSA," tandasnya. (esy/jpnn)

SHARES
TAGS   CPNS
loading...
loading...
Masukkan komentarmu disini