Iran Ditinggal Ayatollah Anti Pemerintah

Iran Ditinggal Ayatollah Anti Pemerintah
Foto : AP
TEHERAN - Tokoh spiritual Iran yang bersebrangan dengan pemerintah, Ayatollah Hossein Ali Montazeri, meninggal dunia di usia 87, Minggu (20/10) kemarin. Selama beberapa tahun ini, Montazeri dikenal sebagai tokoh ulama berpengaruh yang lantang menuding pihak-pihak yang berkuasa di Iran mengatasnamakan Islam untuk membentuk pemerintahan diktator.

Terakhir, Montazeri juga bersuara keras terhadap kisruh Pemilihan Presiden Iran yang digelar Juni lalu. Seperti diberitakan Associated Press, sikap Montazeri itu telah menempatkannya sebagai pahlawan bagi pihak oposisi.

Posisinya sebagai pemimpin spiritual juga membuat kritikannya lebih menyengat. Montazeri pernah sekali ditunjuk menggantikan Ayatollah Ruhullah Khomeini, pada masa-masa akhir hayat tokoh sentral Revolusi Islam Iran itu. Namun keduanya berseberangan beberapa bulan sebelum Khomeini meninggal akibat kanker pada 1989.

Cucu Montazeri, Nasser Montazeri, mengatakan bahwa kakeknya meninggal saat tidur malam. Laman televisi pemerintah Iran, Gooya, menyebutkan bahwa Montazeri menderita asma dan from asthma arteriosclerosis.

TEHERAN - Tokoh spiritual Iran yang bersebrangan dengan pemerintah, Ayatollah Hossein Ali Montazeri, meninggal dunia di usia 87, Minggu (20/10) kemarin.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News