Istimewa! Meski Kalah, Swiss Memaksa Spanyol Bermain Sampai Babak Adu Penalti

Istimewa! Meski Kalah, Swiss Memaksa Spanyol Bermain Sampai Babak Adu Penalti
Xherdan Shaqiri (23) melakukan selebrasi usai cetak gol ke gawang Spanyol. Foto: Twitter @EURO2020

jpnn.com, SAINT PETERSBURG - Spanyol memastikan tiket menuju semifinal Euro 2020 setelah mengalahkan Swiss melalui drama adu penalti di Saint Petersburg, Jumat (2/7).

Pada awal babak pertama, Spanyol membuka keunggulan melalui tendangan kaki kiri Jordi Alba di menit ke-8 yang ternyata sempat menyentuh Denis Zakaria sehingga gol tersebut dinyatakan sebagai gol bunuh diri.

Tim asuhan Luis Enrique melakukan beberapa kali serangan, tapi pertahanan Swiss yang kokoh tidak mudah untuk ditembus.

Memasuki babak kedua, Swiss beberapa kali menciptakan peluang emas. Zakaria hampir menyamakan kedudukan dengan sundulannya ke gawang Unai Simon di menit ke-55, tapi bola masih melebar.

Meski begitu, Xherdan Shaqiri kemudian mampu mencetak gol balasan di menit ke 68. 

Keadaan menjadi rumit bagi Swiss setelah Remo Freuler mendapat kartu merah, dan diusir dari lapangan akibat menjatuhkan Gerard Moreno di menit ke-77.

Kedudukan 1-1 bertahan hingga akhir laga, sehingga diperlukan babak tambahan.

Pada babak ini, Spanyol menunjukkan serangan bertubi-tubi kearah pertahanan lawan, tapi bek Swiss tidak membiarkan satu gol pun bersarang ke gawang Yann Sommer.

Swiss kembali tampil mengejutkan usai merepotkan Spanyol sepanjang laga permpat fina tadi. Meski pada akhirnya kalah, apresiasi patut diberikan kepada Xherdan Shaqiri dan kolega

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News