Isu Reshuffle Kabinet Usai Lebaran, PPP: Terserah Presiden

Isu Reshuffle Kabinet Usai Lebaran, PPP: Terserah Presiden
Arsul Sani. Foto: Humas DPR

jpnn.com, JAKARTA - Istana Negara memberi isyarat perombakan atau reshuffle kabinet bisa saja dilakukan Presiden Joko Widodo alias Jokowi setelah Hari Raya Idulfitri. Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (Sekjen PPP) Arsul Sani mengatakan, reshuffle merupakan prerogatif presiden.

“Jadi, kalau kami di partai, tidak hanya PPP tetapi juga partai lain yang punya menteri itu terserah kepada presidennya saja,” kata Arsul di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (8/5).

Arsul menambahkan, ketika kader partai diminta presiden sebagai pembantunya, artinya parpol sudah mewakafkan. “Apakah mau terus dipakai atau dianggap sudah tidak pas untuk dipakai, kami kembalikan kepada presiden,” ujar wakil ketua Tim Kampanye Nasional Joko Widodo – KH Ma’ruf Amin itu.  

Arsul tidak ingin berspekulasi ihwal siapa menteri yang bakal diganti jika terjadi reshuffle kabinet. Menurut dia, partainya bukan dalam posisi siap atau tidak, jika ada menteri yang merupakan kader mereka diganti Jokowi.

“Kami serahkan sepenuhnya kepada presiden. Partai kewajibannya kalau ada kadernya di kabinet dicopot, kemudian diminta presiden untuk siapkan kader lain, maka kami siap untuk menyampaikan kepada presiden kader yang lain,” ujarnya.  

(Baca Juga: Pesan Rizal Ramli Buat KSAD Andika: Tidak Usah Uber Letkol, Panggil RR Saja)

Sebelumnya, Staf Khusus Presiden Johan Budi SP menyatakan bahwa kemungkinan Jokowi melakukan reshuffle kabinet setelah Idulfitri. “Kalau sampai lebaran saya kira tidak ada. Saya tidak tahu setelah lebaran, kemungkinan itu bisa saja," kata Johan di Istana Negara, Jakarta, Selasa (8/5). (boy/jpnn) 


Staf Khusus Presiden Johan Budi SP memberi sinyal ada kemungkinan Jokowi melakukan reshuffle kabinet setelah Idulfitri.


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News