Jadikan Banjir Jakarta Masalah Nasional

Jadikan Banjir Jakarta Masalah Nasional
Jadikan Banjir Jakarta Masalah Nasional
 JAKARTA -Banjir Jakarta yang sudah menjadi rutinitas setiap tahun masih akan terjadi jika pemerintah pusat tidak segera turun tangan. Hal itu mengingat, usaha Pemprov DKI yang selama ini telah dilakukan sudah cukup maksimal. Namun, masih banyak hal yang harus segera diselesaikan. Terbatasnya anggaran menjadi salah satu kendala yang cukup serius. Akibatnya, penanganan banjir tak kunjung beres.

 

Apalagi, masalah banjir masuk lintas wilayah. Dari hulu hingga hilir.  Seperti pembangunan waduk di kawasan hulu, revitalisasi situ serta pengerukan saluran makro yang hingga saat ini belum terlaksana lantaran dana pinjaman dari Bank Dunia belum cair.

 

“Banjir ini masalah nasional. Tidak bisa pusat hanya berpangku tangan mengandalkan DKI. Kalau banjir, yang rugi bukan hanya warga Jakarta, perekonomian nasional juga terganggu,” Wakil Ketua DPRD DKI Sayogo Hendrosubroto. 

Seperti Waduk Ciawi, lantaran berada di luar DKI, pemerintah pusat yang harus turun tangan. Begitu juga waduk-waduk lain yang berada di daerah penyangga. Selain itu, pemerintah pusat juga harus ikut secara aktif mengontrol dan mengoordinasi seluruh daerah Jabodetabek dalam mengatasi banjir. Seperti kebijakan yang dikeluarkan masing-masing daerah harus dipastikan tidak berdampak buruk bagi lingkungan. Penebangan pohon, pembangunanm vila di Puncak dan bangunan di kawasan hulu lainnya harus dihentikan. 

 JAKARTA -Banjir Jakarta yang sudah menjadi rutinitas setiap tahun masih akan terjadi jika pemerintah pusat tidak segera turun tangan. Hal itu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News