Jadwal Debat Capres Edisi Terakhir Belum Ditetapkan

Jadwal Debat Capres Edisi Terakhir Belum Ditetapkan
Ketua KPU Arief Budiman. Foto: Charlie L/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Tim kampanye dua pasangan calon presiden – calon wakil presiden telah menyepakati jadwal dan materi debat capres dan cawapres untuk Pilpres 2019. Kecuali debat terakhir, semua jadwal debat dan pesertanya sudah disepakati. Termasuk di dalamnya tema-tema yang akan diangkat dalam setiap edisi debat.

Kesepakatan itu diambil dalam pertemuan yang diselenggarakan KPU bersama tim pemenangan masing-masing paslon presiden-Wapres, Rabu (19/12). Ketua KPU Arief Budiman menegaskan bahwa semua kegiatan debat bakal dilangsungkan di Jakarta. Itu berbeda dengan wacana awal yang sempat menyisipkan jadwal debat di Surabaya.

Debat pertama bakal dilangsungkan pada 17 Januari di Hotel Bidakara Jakarta. ’’Tanggal 9 Januari kami akan melakukan awalan penyampaian visi-misi oleh masing-masing tim kampanye,” terang Arief.

Mereka akan menyampaikan visi dan misi paslon agar publik memiliki gambaran sebelum debat yang sesungguhnya dimulai.

Khusus untuk debat terakhir, Arief menjelaskan bahwa masing-masing paslon akan melihat jadwal mereka pada April. Karena itu, jadwal debat kelima masih kosong. Tapi, hampir dipastikan debat kelima berlangsung April karena debat keempat diadakan pada 30 Maret.

Mengenai nama panelis, masing-masing paslon mengusulkan dua nama, sementara KPU tiga nama. KPU mengonsultasikan terlebih dahulu dengan kedua paslon, apakah tidak keberatan nama-nama panelis dipublikasikan bila telah ditentukan. Untuk moderator, namanya akan ditentukan pada 26 Desember.

Direktur Program Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf Aria Bima mengapresiasi keterbukaan KPU dalam mempersiapkan debat paslon. Pelibatan masing-masing tim kampanye membuat pengambilan keputusan menjadi partisipatif. ’’Kami bisa mengerti betul hal yang substantif dibicarakan,’’ terangnya.

Selain itu, lanjut dia, masing-masing tim kampanye sepakat dengan usulan KPU untuk melakukan kanalisasi suporter dari kedua paslon. Tujuannya mencegah ketegangan antar-pendukung. Para pendukung bisa memberikan dukungan sembari melihat tayangan debat dari layar besar. Dengan demikian, suasana tetap semarak.

Debat capres – cawapres edisi pertama bakal dilangsungkan pada 17 Januari di Hotel Bidakara Jakarta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News