Jaga Konsistensi soal Hak Fraksi di Pimpinan Komisi

Jaga Konsistensi soal Hak Fraksi di Pimpinan Komisi
Jaga Konsistensi soal Hak Fraksi di Pimpinan Komisi

jpnn.com - JAKARTA - PDI Perjuangan tak mau larut dalam penolakan atas penunjukan politikus Partai Demokrat (PD) Ruhut Sitompul sebagai Ketua Komisi III DPR. Karenanya Fraksi PDIP DPR tak akan mempersoalkan keputusan Fraksi PD tentang politikus yang ditugaskan sebagai ketua komisi yang membidangi hukum itu.

Menurut Ketua FPDIP DPR, Puan Maharani, fraksinya memilih konsisten dengan kesepakatan sejak awal di antara fraksi-fraksi di DPR periode 2009-2014 bahwa jabatan Ketua Komisi III DPR menjadi hak Fraksi Partai Demokrat. "Sikap yang ditunjukkan Fraksi PDI-P sebagai bentuk satunya kata dan perbuatan," kata Puan  kepada pers di Jakarta, Senin (7/10).

Karenanya Puan menegaskan, FPDIP akan menghormati apapun keputusan FPD, termasuk soal penunjukan Ruhut. "Itu etika politik menurut kami," tandas Puan.

Namun karena Ruhut telah mundur dari penugasan sebagai Ketua Komisi III DPR menyusul adanya penolakan dari fraksi lain di DPR, maka Puan berharap hal serupa tidak terjadi lagi di masa mendatang. "Bagi Fraksi PDI Perjuangan sebuah keputusan sebaiknya dilewati melalui mekanisme musyawarah dan mufakat. Jadi, mekanisme voting diusahakan sejauh-jauhnya dihindari," ujarnya.

Sebelumnya, FPDIP memang tak masuk barisan penentang Ruhut. Bahkan fraksi terbesar ketiga di DPR yang menempatkan diri sebagai oposisi itu justru adem-adem saja saat penolakan atas Ruhut sebagai Ketua Komisi III DPR mencuat beberapa waktu lalu. (ara/jpnn)

JAKARTA - PDI Perjuangan tak mau larut dalam penolakan atas penunjukan politikus Partai Demokrat (PD) Ruhut Sitompul sebagai Ketua Komisi III DPR.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News