Senin, 22 Oktober 2018 – 06:21 WIB

Jaguar Kembangkan Teknologi Ramah Kaum Difabel

Kamis, 11 Oktober 2018 – 19:32 WIB
Jaguar Kembangkan Teknologi Ramah Kaum Difabel - JPNN.COM

jpnn.com, LONDON - Jaguar Land Rover mengumumkan hasil terkini pengembangan teknologi yang mereka lakukan, yakni Audible Vehicle Alert System (AVAS) yang bakal disematkan di Jaguar I-Pace.

AVAS sendiri merupakan teknologi yang ramah kepada kaum difabel. Di mana, memungkinkan para pejalan kaki yang memiliki keterbatasan bisa mendeteksi adanya mobil listrik Jaguar itu tengah melintas.

Jamak diketahui, mobil listrik memang dikenal sangat minim polusi suara. Peringatan kewaspadaan berupa suara yang aktif ketika I-Pace melaju di atas 20 km/jam.

Sehingga, British charity Guide Dogs for the Blind telah melobi untuk adanya teknologi semacam AVAS bisa diterapkan oleh Jaguar dan mobil pada masa mendatang.

“Tidak adanya suara seperti mobil konvensional menjadi masalah bagi para disabilitas seperti tuna netra atau yang alami gangguan pengelihatan. Alat ini bekerja saat kecepatan rendah di pusat kota ataupun di parkiran mobil,” ujar Jaguar NVH Technical Specialist Iain Suffield.

Jaguar mengembangkan AVAS pada I-Pace, lanjut Suffield, untuk meningkatkan keselamatan para pengguna jalan terutama kaum terbatas.
"Teknologi kami yang berpotensi menyelamatkan nyawa ini tak bisa dihentikan dan sebagai bagian dari perhatian kepada para penyandang pengelihatan mata. Kami senang mendapat dukungan dari Guide Dogs untuk memastikan mereka juga terlibat dalam pengujian produk kami,” pungkasnya.

Diyakini, Jaguar mengembangkan teknologi ini selama empat tahun yang suaranya tak akan terdengar dari dalam kendaraan. Terinspirasi dari film sci-fi pesawat ruang angkasa. (mg8/jpnn)

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar