Jakarta Banjir Klaim Asuransi

Jakarta Banjir Klaim Asuransi
Jakarta Banjir Klaim Asuransi
JAKARTA--Banjir bandang yang melanda Jakarta pekan lalu diproyeksi memicu klaim asuransi. Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) memprediksi klaim bisa naik mencapai Rp 4 triliun, khususnya untuk ganti rugi terhadap kerusakan-kerusakan yang terjadi pada gedung perkantoran hingga kawasan industri.

Direktur Eksekutif AAUI Julian Noor mengatakan klaim bencana terparah khususnya banjir di Jakarta kerap terjadi dalam siklus lima tahunan. Pada 2002, pihaknya mencatat asuransi properti yang dibayarkan oleh industri asuransi akibat banjir Jakarta mencapai Rp 1,52 triliun. Yang terdiri dari pengajuan klaim 1.145 polis untuk rumah, 547 polis bangunan komersial, dan 780 polis pabrik.

Sementara pada banjir 2007, perkiraan klaim yang dibayar untuk sektor properti meningkat mencapai Rp 2,063 triliun."Prediksi kami klaim properti bisa naik dua kali lipat," ungkap Julian kepada Jawa Pos, kemarin (20/1).

ulian memaparkan, realisasi klaim properti akan lebih banyak lantaran beberapa wilayah yang sebelumnya tidak diperkirakan masuk dalam area terdampak, sebaliknya tahun ini menjadi korban. Misalnya saja kawasan padat perkantoran di sekitar Bunderan Hotel Indonesia. Selain itu klaim juga mengalir pada comercial building, hotel, mal, perkantoran, pertokoan, serta residensial tipe menengah ke atas.

JAKARTA--Banjir bandang yang melanda Jakarta pekan lalu diproyeksi memicu klaim asuransi. Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) memprediksi klaim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News