Jalur Ganda Lintas Utara Beroperasi 2014

Jalur Ganda Lintas Utara Beroperasi 2014
Jalur Ganda Lintas Utara Beroperasi 2014
JAKARTA - Kementerian Perhubungan menargetkan pembangunan rel ganda (double track) kereta api jalur utara Jawa (Jakarta-Surabaya) sepanjang 727 kilometer selesai pada 2013. Tidak ada kendala soal anggaran hanya pembebasan lahan yang belum kelar. Untuk permasalahan perpipaan di jalur double track juga sudah diatasi.

"Ada beberapa lokasi yang masih kami inventarisasi (dicatat) yakni di Cirebon, Pekalongan, dan Surabaya. Tetapi tidak terlalu luas, kecil-kecil saja," kata Menteri Perhubungan EE Mangindaan di Jakarta akhir pekan lalu. Dia menargetkan pembebasan lahan yang sebelumnya menjadi kendala pembangunan double track dapat diselesaikan pada Juli 2012.

Menurut Mangindaan, untuk pembangunan double track jalur Utara (Jakarta-Surabaya) menelan biaya sedikitnya Rp 9 triliun dan tidak ada kendala soal pengadaan anggaran. "Ya soal pembebasan lahan, sempat terhenti pembangunannya gara-gara lahan," katanya.

Dia mengatakan jika masalah pembebasan tanah sudah selesai, pembangunan double track itu dapat lancar dilaksanakan. "Bagian yang tak ada masalah tanah jalan terus, yang ada masalah tanah kita selesaikan bersama-sama dengan pemerintah daerah, termasuk dengan PT KAI dan BUMN," harap Mangindaan.

JAKARTA - Kementerian Perhubungan menargetkan pembangunan rel ganda (double track) kereta api jalur utara Jawa (Jakarta-Surabaya) sepanjang 727 kilometer

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News