Jangan Biarkan Anjing Menjilati Wajah Anda, Ini Bahayanya

Jangan Biarkan Anjing Menjilati Wajah Anda, Ini Bahayanya
Monica Natalia bermain dengan Marco, anjing supermini pom peliharaannya. Anjing jenis ini sangat energik dan manja. (Allex Qomarullah/Jawa Pos/JawaPos.com)

jpnn.com, JAKARTA - Anjing memang salah satu hewan yang paling sering dipelihara oleh manusia. Apalagi hewan ini juga terkenal karena loyalitasnya.

Walau kita sangat menyayanginya, jangan biarkan mereka menjilat wajah Anda.

Menurut Dermatolog Sonia Batra, MD, air liur anjing dan apa pun yang ada di dalamnya bisa diserap lebih mudah melalui selaput lendir hidung, mulut dan mata seseorang. Apalagi jika orang tersebut memiliki luka.

"Ketika air liur anjing menyentuh kulit manusia, terutama pada orang yang sehat bisa menimbulkan masalah, karena akan sangat sedikit penyerapan melalui kulit," kata Sonia, seperti dilansir laman Prevention, Senin (16/4).

Berikut ini alasan mengapa anjing jangan sampai menjilati wajah Anda.

1. Anda bisa mendapatkan parasit

"Cacing tambang dan cacing gelang ditransmisikan dari anjing ke anjing saat mereka menelan tinja satu sama lain atau menjilat satu sama lain," kata Batra.

Bagian terburuknya adalah Anjing bisa mengirimkan parasit ini kepada Anda saat mereka menjilat Anda.

Air liur anjing bisa diserap lebih mudah melalui selaput lendir hidung, mulut dan mata seseorang. Apalagi jika orang tersebut mengalami luka.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News