Jangan Harap DPR Hasil Pemilu 2009 Bersih

Jangan Harap DPR Hasil Pemilu 2009 Bersih
Jangan Harap DPR Hasil Pemilu 2009 Bersih
JAKARTA - Ketua Pelaksana Harian Partai Demokrasi Pembaruan (PDP) H Roy BB Janis pesimis hasil Pemilu Legislatif yang akan digelar Kamis (9/4) mampu menghasilkan anggota parlemen yang lebih baik ketimbang hasil Pemilu 2004 atau Pemilu 1999.

"Bayangkan, baru empat bulan undang-undang pemilu 2009 disahkan, lalu Undang-undang tersebut sudah dirubah oleh Mahkamah Konstitusi. Ini suatu fakta, bahwa produk hukum yang dihasilkan oleh DPR itu bermasalah," kata Roy, dalam diskusi bertema "Masa Depan Parlemen Pasca Pemilu Legislatif" yang digelar DPD, di komplek parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (8/4).

Bersama Roy, juga tampil pembicara Ahmad Mubarok (Wakil Ketua Umum Partai Demokrat), Hamid Basyaib (caleg DPR PDI-P) dan Permadi (Poliitisi Partai Gerindra). Menurut Roy, dari awal, niat dari pembuat UU Pemilu 2009 ini sudah tidak benar. Hal itu bisa dilihat dari adanya ketentuan Parlementery Treshold (PT) dan Electoral Treshold (ET). "Ini jelas-jelas sebuah pengikaran terhadap konstitusi kita," tegas Roy lagi.

Saat ini, lanjut Roy, partai berkuasa dan partai besar berkeyakinan bahwa pemilu legislatif 2009 ini akan berjalan demokratis dan menghasilkan anggota parlemen yang lebih berkualitas. "Mustahil itu terwujud, sebab karena payung hukumnya tidak demokratis."

JAKARTA - Ketua Pelaksana Harian Partai Demokrasi Pembaruan (PDP) H Roy BB Janis pesimis hasil Pemilu Legislatif yang akan digelar Kamis (9/4) mampu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News