Jangan Marah Kalau Ada yang Bilang KMP Macan Ompong

Jangan Marah Kalau Ada yang Bilang KMP Macan Ompong
Ilustrasi. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Hasanuddin, Adi Suryadi Culla menilai, secara politis Koalisi Merah Putih (KMP) sudah bubar. 

Kata Adi, koalisi yang merupakan gabungan partai pendukung Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa di masa Pilpres tersebut sudah tidak ada lagi usai beberapa anggotanya merapat ke barisan pendukung pemerintah.

"Hal ini tidak aneh. Sejak awal saya memprediksi KMP memang tidak akan awet. Pasalnya, pembentukan KMP hanya didasarkan kepentingan politik sesaat. Tidak pernah ada ikatan ideologis dari para anggotanya. Sebuah koalisi itu akan solid kalau ada ikatan ideologis, ikatan nilai. Tapi ini kan tidak ada. Mereka terbentuk karena kepentingan politik semata. Saat kepentingannya berbeda, ya akan bubaran,” tuturnya, Senin (15/2) malam.

Adi melihat KMP sebenarnya memang lain dari koalisi oposisi di dunia. Koalisi oposisi dunia bisanya mengambil sikap tegas terhadap pemerintah. Mereka konsisten dalam memperjuangkan sikap. Tidak akan menyeberang karena ideologi berbeda.

"Ini (KMP) kan tidak. Parpol-parpol KMP bebas menyeberang ke pemerintah dengan alasan mendukung pembangunan. Dengan kondisi itu, oposisi tidak punya taring lagi. KMP hanya jadi tempat kumpul-kumpul. Dengan begitu, KMP seperti macan ompong," tandasnya. (zul/rmo/adk/jpnn)

JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Hasanuddin, Adi Suryadi Culla menilai, secara politis Koalisi Merah Putih (KMP) sudah bubar.  Kata


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News