Jelang Lebaran, Syarief Hasan Minta Pemerintah Menjamin Ketersediaan Sembako

Jelang Lebaran, Syarief Hasan Minta Pemerintah Menjamin Ketersediaan Sembako
Wakil Ketua MPR Syarief Hasan. Foto: M.Kusdharmadi/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan mengingatkan pemerintah menjaga stabilitas harga sembako menjelang Lebaran. Sebab, beberapa daerah mulai melaporkan kenaikan harga sembako yang ada di pasaran sepekan jelang Idulfitri.

Pimpinan MPR RI dari Fraksi Partai Demokrat pemerintah perlu mengambil langkah untuk meredam potensi kenaikan sembako yang berlebih menjelang Lebaran.

“Kita (Indonesia) memiliki banyak pengalaman, yang mana terjadi kenaikan harga sembako menjelang Lebaran. Pemerintah harus mampu mengontrol dan meredam pasar,” kata Syarief dalam keterangannya, Kamis (6/5).

Dia menyebut beberapa daerah mengalami kenaikan harga sembako di pasaran.

Surabaya, Jawa Timur, misalnya, harga telur ayam naik menjadi Rp 27.850 per kilogram. Begitu juga beberapa jenis sembako lainnya.

Selain Jatim, kata Syarief, di beberapa daerah di Jawa Tengah harga sembako harga sembako mengalami kenaikan meski tidak signifikan.

Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat ini mengungkapkan banyak masyarakat yang merasakan kesulitan ekonomi akibat imbas dari pandemi Covid-19.

“Kami tidak ingin, rakyat makin kesulitan dikarenakan kenaikan harga bahan pokok di pasaran, terlebih di masa pandemi Covid-19 ini.” ungkap Syarief.

Syarief Hasan menyebut beberapa daerah di Jatim dan Jateng mengalami kenaikan harga sembako menjelang Lebaran. Dia meminta pemerintah menjamin ketersediaan sembako dengan harga terjangkau.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News