Jelang Pilpres Timor Leste, Jumlah Imigran Meningkat

Jelang Pilpres Timor Leste, Jumlah Imigran Meningkat
Jelang Pilpres Timor Leste, Jumlah Imigran Meningkat
ATAMBUA - Tingkat keberangkatan dan kadatangan ke Timor Leste-Indonesia jelang pemilihan umum dan pemilihan presiden Timor Leste akhir Februari ini terus meningkat jumlahnya. Karena meningkatnya jumlah kedatangan dan keberangkatan melalui pintu masuk Mota"ain, pihak imigrasi akan melakukan sejumlah langkah untuk mengatasi lonjakan tersebut.

Hal itu diungkap Kepala Kantor Imigrasi Atambua, R Ony Krisetiono ketika ditemui Timor Express (JPNN Group). Disebutkan, bulan Januari 2012, jumlah orang yang masuk dan keluar ke Timor Leste sangat mencengangkan dan jumlahnya membludak. Tercatat pada Imigrasi, departure atau keberangkatan WNI ke Timor Leste berjumlah 3.225 pemakai paspor, sementara untuk warga negara asing jumlahnya mencapai 1.446 orang.

Untuk kedatangan atau arrival terdata, WNI sebanyak 2.770 orang, dan WNA sejumlah 1.082 orang yang masuk ke Indonesia melalui pintu perbatasan Mota'ain. "Jumlah ini bagi kami sudah luar biasa, sebab sebelumnya jumlahnya hanya ratusan orang. Namun dengan adanya pemilu dan pilres Timor Leste, jumlah terus meningkat tajam," katanya.

Dengan jumlah yang terus meningkat setiap bulan jelang hajatan politik Timor Leste, pihaknya memprediksi akan terjadi rush di perbatasan. Karena itu, imigrasi Atambua akan mengambil sejumlah kebijakan untuk mengantisipasi dengan menambah personil di Mota"ain agar bisa menghandle setiap pelintas batas yang terus meningkat. "Kami akan terjunkan lagi sejumlah tenaga imigrasi untuk melayani pelintas batas melalui pintu Mota"ain yang kami prediksi akan terus meningkat pada hari-hari mendatang," paparnya.

ATAMBUA - Tingkat keberangkatan dan kadatangan ke Timor Leste-Indonesia jelang pemilihan umum dan pemilihan presiden Timor Leste akhir Februari ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News