Antisipasi Bencana Alam, Florata Bentuk Forum PRB

Antisipasi Bencana Alam, Florata Bentuk Forum PRB
Antisipasi Bencana Alam, Florata Bentuk Forum PRB
MAUMERE - Untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam, berbagai stakeholder yang tergabung di daratan Flores dan Lembata (Florata) membentuk Forum Pengurangan Risiko Bencana (PRB). Pembentukan forum itu melibatkan semua stakeholder di Flores dan Lembata yang peduli terhadap risiko bencana. Kegiatan itu juga melibatkan unsur BPBD.

Sebagai nara sumber dalam semiloka tersebut staf ahli teknis rehailitasi yang juga dosen pasca sarjana perencanaan pembangunan UGM, Bayudono, Direktur Pemberdayaan Masyarakat BNPB, Muhtaruddin, dosen  pasca sarjana Universitas Tarumanegera, Eko Teguh Paripurno serta  perwakilan dari masing-masing kabupaten di Flores dan Lembata.

Forum yang diberi nama PRB Flores Raya itu melakukan semi loka dengan tema strategi membangun kapasistas dan replikasi model. Menurut, Bayudono rencana pembentukan Forum PRB Flores ini dilandasi UU Nomor 24 tahun 2007 tentang penanggulangan bencana yang merupakan bentuk perubahan paradigma penanggulangan risiko bencana dan melibatkan secara utuh mulai dari sebab ancaman sampai dampak yang mungkin terjadi.

Menurutnya, manajemen pengurangan risiko bencana merupakan sistim perencanaan penanggulangan bencana yang menekankan pada prinsip partisipasi, sistematis dan terpadu. Yang dimaksud dengan partisipasi, kata Bayudono adalah melibatkan seluruh stakeholder, baik pemerintah, masyarakat maupun swasta, forum-forum PRB baik di tingkat nasional maupun daerah, merupakan salah satu wadah atau media bagi pengorganisasian inisiatif dan partisipasi stakeholder.

MAUMERE - Untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam, berbagai stakeholder yang tergabung di daratan Flores dan Lembata (Florata) membentuk Forum

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News