Jelang Puasa, PMI Minta Aktifkan UTD

Jelang Puasa, PMI Minta Aktifkan UTD
Jelang Puasa, PMI Minta Aktifkan UTD
JAKARTA - Palang Merah Indonesia (PMI) pusat mengantisipasi kekurangan kantung darah menjelang bulan puasa. Selain mengaktifkan program donor darah di Mall dan Perguruan Tinggi (PT), PMI juga meminta Unit Transfusi Darah (UTD) di kabupaten/kota buka 24 jam selama satu bulan.

Ketua Umum PMI Jusuf Kalla mengatakan, tahun ini PMI makin siap dalam menghadapi bulan puasa. Dengan adanya program donor di Mall dan PT dia optimis mampu mencukupi kebutuhan darah saat bulan suci. "Memang banyak masyarakat yang puasa, tapi kan banyak juga yang tidak menjelankan puasa. Itu target kita," tutur JK usai menghadiri peluncuran iklan layanan masyarakat "Gerakan Berobat Sebelum Terlambat" di Jakarta, Kemarin.

Dia menerangkan, program donor di Mal dan PT itu bisa dilakukan di delapan lokasi. Diantaranya di Senayan City Jakarta, Tanah Abang Jakarta, Mal Makasar, Olympic Garden Malang, Universitas Trisakti, Universitas Hasanudin, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, dan Universitas Jember. "Kami targetkan ada 125 gerai yang terbangun nanti," tuturnya.

Tidak hanya mengandalkan itu saja, kata JK , PMI juga sudah menawarkan kerjasama dengan lebih banyak Gereja dan Wihara untuk melakukan donor bersama. "Ini sudah kegiatan rutin. Tapi akan kami perbanyak lagi untuk memenuhi kebutuhan kantung darah," papar mantan Wakil Presiden itu.

JAKARTA - Palang Merah Indonesia (PMI) pusat mengantisipasi kekurangan kantung darah menjelang bulan puasa. Selain mengaktifkan program donor darah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News