Jelang Ramadan, Harga TBS Sawit Turun

Jelang Ramadan, Harga TBS Sawit Turun
Jelang Ramadan, Harga TBS Sawit Turun

jpnn.com - PEKANBARU - Harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit di Provinsi Riau menjelang ramadan tahun ini mengalami penurunan. Khusus periode 17-23 Juni 2015 mendatang untuk sawit umur 10 tahun keatas mengalami penurunan cukup signifikan yakni Rp 16,22 perkilogram.

Hasil ini berdasarkan rapat penetapan harga TBS Sawit di Riau, Selasa (16/6) kemarin di aula Disbun Riau. "Ini penurunan pertama kali sejak beberapa periode naik," terang Sekretaris Tim Penentapan HTBS Sawit Riau, Ir Rusdi, seperti dikutip dari Riau Pos (Grup JPNN).    

Rusdi mengatakan penyebab penurunan harga TBS sawit periode kali ini, karena harga CPO di bursa komoditas Indonesia dan Malaysia kembali menunjukkan penurunan yang cukup signifikan. 

"Sejak pekan lalu harga komoditas yang sempat meningkat pesat, namun hal ini pelemahan ini terjadi akibat turunnya harga produk substitusi minyak kedelai. Disamping itu terjadi   pelemahan permintaan dan daya beli negara importir CPO," tuturnya.
      
Ditambahkannya, hal yang menyebabkan penurunan yakni harga minyak kedelai mengalami penurunan yang signifikan selama beberapa hari belakangan. Minyak kedelai sendiri merupakan produk substitusi untuk minyak goreng yang dibuat dari kelapa sawit atau CPO. 

"Dengan melemahnya harga barang substitusi permintaan bergeser dari minyak kelapa sawit menjadi minyak kedelai. Akibatnya permintaan CPO berkurang," tuturnya.
      
Selain turunnya harga minyak kedelai, harga minyak mentah juga tampak mengalami penurunan. Pada perdagangan akhir pekan, harga memasuki fase penurunan sesi ketiga berturut-turut. 

"Pelemahan harga minyak mentah membuat harga CPO juga turun karena CPO merupakan produk bahan baku biofuel yang merupakan bahan bakar alternatif BBM," tutupnya.(hsb)


PEKANBARU - Harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit di Provinsi Riau menjelang ramadan tahun ini mengalami penurunan. Khusus periode 17-23 Juni 2015


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News