Jenderal Dudung Dapat 3 Brevet dari Kopassus 

Jenderal Dudung Dapat 3 Brevet dari Kopassus 
Danjen Kopassus Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa saat menyematkan tiga brevet Korps Baret Merah kepada KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman, di Lapangan Mako Kopassus Cijantung, Jakarta Timur, Selasa (21/12/2021). (ANTARA/Syaiful Hakim)

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Dudung Abdurachman mendapat tiga brevet dari Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD. Ketiga brevet itu, yakni  Brevet Komando, Brevet Antiteror, Brevet Para Utama. 

Penyematan brevet dari Korps Baret Merah itu langsung dilakukan oleh Danjen Kopassus Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa melalui upacara militer di Lapangan Mako Kopassus di Cijantung, Jakarta Timur, Selasa (21/12). 

Selain itu, Jenderal Dudung juga dipakaikan baret merah dan pisau komando oleh Danjen Kopassus Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa. 

Sebelum mendapatkan brevet dan baret merah, Jenderal Dudung melakukan serangkaian latihan, antara lain, latihan serbuan gedung, menembak runduk dari atas gedung Satgultor 81. 

Kemudian, latihan melakukan serbuan ruangan di pesawat, latihan mengatasi rintangan bahaya ular, latihan melempar pisau dan latihan serangan regu komando unit 81 yang berlangsung sekitar satu jam.

Sebelum disematkan kepada Jenderal Dudung, brevet dan baret Kopassus itu dibawa oleh Serda Kowad Safira, salah satu penerjun Kopassus yang terjun bebas (free fall) dari ketinggian 4.000 kaki. Dentuman keras juga mewarnai upacara penyematan brevet dan baret Kopassus itu.

Bagi Jenderal Dudung, menerima brevet dan baret Kopassus merupakan suatu kebanggaan baginya sebagai KSAD.  Dia menyatakan tadi sudah melewati beberapa latihan yang dilaksanakan oleh prajurit-prajurit Komando, termasuk prajurit Kopassus Antiteror. 

“Ini sudah sebagian saya lewati dan memang latihan sangat berat. Ini menunjukkan tidak mudah menjadi prajurit Kopassus," kata Jenderal Dudung.

Jenderal Dudung Abdurachman mendapat tiga brevet dari Kopassus TNI AD. Jenderal Dudung juga diangkat sebagai warga kehormatan Korps Baret Merah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News