Jepang Larang Sebagian Produk Gandum Australia

Jepang Larang Sebagian Produk Gandum Australia
Jepang Larang Sebagian Produk Gandum Australia

Pemerintah Jepang melarang impor beberapa produk gandum asal Australia setelah produk itu diketahui mengandung kadar pestisida lima kali dari batas normal yang terdeteksi.

Ratusan ribu produk sereal yang mengandung gandum sekarang ditarik kembali dari peredaran.

Azoxystrobin pestisida terdeteksi dalam produk gandum Australia yang dikirim dari ITOCHU Corporation, yang tiba pada bulan Agustus 2017.

Akibatnya, Kementerian Pertanian, Kehutanan, dan Makanan Jepang saat ini menyelidiki dan menganalisis semua pengiriman gandum dari Australia.

Hampir setengah dari 85 ton gandum Australia melalui pengiriman tersebut telah digunakan dalam berbagai produk makanan dan kemungkinan besar sudah dikonsumsi warga. Namun pihak ITOCHU mengatakan kuantitas dan konsentrasi pestisida yang terdeteksi tidak menimbulkan risiko kesehatan.

Namun demikian, perusahaan makanan Nissin Cisco secara sukarela menarik kembali 315.000 produk serealnya.

Kementerian Pertanian, Kehutanan, dan Pangan Jepang langsung melarang pengiriman gandum dari ITOCHU, namun larangan ini tidak akan berdampak pada barang ekspor yang sudah mendapat persetujuan.

Jepang Larang Sebagian Produk Gandum Australia Photo: ITOCHU meminta maaf tetapi mengatakan kuantitas dan konsentrasi pestisida yang terdeteksi tidak menimbulkan risiko kesehatan. (Berita ABC: Simon Royal)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News