Jimly: Semua Ikut Verifikasi, Masuk Akal

Jimly: Semua Ikut Verifikasi, Masuk Akal
Jimly: Semua Ikut Verifikasi, Masuk Akal
MANTAN Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Jimly Asshiddiqie menilai masuk akal terhadap permintaan partai nonparlemen dalam gugatannya ke MK agar semua yang sudah pernah mengikuti pemilu wajib diverifikasi ulang. Itu sesuai dengan prinsip keadilan.

 

"Saya tidak tahu persis apa yang dipersoalkan pemohon (uji materi). Tapi, kalau yang dimohon ketentuan untuk membebaskan semuanya, itu tidak masuk akal," papar Jimly saat dihubungi di Jakarta, Senin (20/8).

 

Menurut dia, verifikasi adalah sesuatu yang sangat diperlukan untuk membuktikan parpol yang ada memenuhi syarat atau tidak sebagai peserta pemilu sesuai dengan ketentuan perundangan yang ada.

 

Karena itu, parpol di parlemen sekalipun tetap perlu diverifikasi untuk bisa membuktikan parpol bersangkutan memenuhi syarat sebagai peserta pemilu. "Jadi, yang masuk akal itu kalau semua harus verifikasi, terlebih verifikasi itu sesuatu yang mulia, kok," tandas guru besar ilmu hukum tata negara UI tersebut.

 

MANTAN Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Jimly Asshiddiqie menilai masuk akal terhadap permintaan partai nonparlemen dalam gugatannya ke MK agar semua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News