JK Dinilai Mampu Selesaikan Konflik Papua

JK Dinilai Mampu Selesaikan Konflik Papua
JK Dinilai Mampu Selesaikan Konflik Papua
JAKARTA - Anggota Komisi I DPR, Effendy Choirie mengatakan sosok mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) diyakini mampu menyelesaikan masalah di Papua. Menurut Gus Choi, berharap kepada pemerintahan sekarang menjadi sesuatu yang tidak mungkin. Hal ini seiring dengan hilangnya kepercayaan rakyat Papua kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Wakil Presiden Boediono.

"Figur yang dapat melakukan pendekatan itu jangan figur yang selama ini tak dipercaya rakyat Papua. Presiden SBY, mereka sudah tidak percaya, Wapresnya juga, apalagi tentara. Salah satu figur yang bisa menengahi masalah Papua adalah Jusuf Kalla," kata Gus Choi di gedung DPR, Senayan Jakarta, Selasa (25/10).

Anggota DPR dari Fraksi Kebangkitan Bangsa itu menambahkan, salah satu bentuk ketidakpercayaan masyarakat Papua terhadap Presiden SBY adalah tidak dibuatnya Peraturan Pemerintah (PP) terkait pelaksanaan Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2001 Tentang Otonomi Khusus (Otsus) Papua.

"Sepuluh tahun sudah usia undang-undang Otonomi Khusus Papua, tapi peraturan pemerintahnya tidak kunjung terbit. Akibatnya, pelaksanaan dari pasal-pasal yang ada dalam undang-undang sulit dilakukan di Papua," ujar Gus Choi.

JAKARTA - Anggota Komisi I DPR, Effendy Choirie mengatakan sosok mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) diyakini mampu menyelesaikan masalah di Papua.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News