Join Verifikasi, 9 Parpol Tukaran Kader

Join Verifikasi, 9 Parpol Tukaran Kader
Join Verifikasi, 9 Parpol Tukaran Kader
JAKARTA - Persyaratan pendaftaran dan verifikasi parpol yang akan ikut dalam Pemilu 2014 dianggap telah memberatkan partai kecil. Persyaratan untuk memiliki kesekretariatan di seluruh provinsi dan daerah membuat partai kecil harus memutar otak. Salah satunya adalah saling bekerjasama dengan tukar menukar kader atau join verifikasi.

“Join verifikasi ini dilakukan untuk menutupi kelemahan di antara ke sembilan parpol dalam melakukan verifikasi parpol,” kata Wakil Sekretaris Jenderal DPP PKNU Dheyna Hasiholan selaku pencetus Join Verifikasi kepada INDOPOS (Group JPNN) di Jakarta, Jumat (4/3).

Menurut Dheyna, secara teknis join verifikasi ini dilakukan agar parpol bisa saling membantu lemahnya kepengurusan di tingkat daerah, khususnya sembilan partai kecil yang sudah sepaham atas kerajama itu. Di antaranya, PKNU, PPRN, PIB, PIS, PPPI, PDP, PNI Marhaenisme, Partai Pelopor, dan PDS. 

“Contoh Join verifikasi, misal PKNU di Jawa Timur kuat, sedangkan PPRN lemah. Nantinya di kepengurusan di tingkat kecamatan pengurus PKNU akan dipinjamkan ke PPRN dan partai lainnya yang menjalin kerjasama ini. Istilahnya saling tukar menukar kader,” ucapnya.

JAKARTA - Persyaratan pendaftaran dan verifikasi parpol yang akan ikut dalam Pemilu 2014 dianggap telah memberatkan partai kecil. Persyaratan untuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News