Rabu, 24 Juli 2019 – 02:50 WIB

Jokowi Ambil Start Terdepan untuk Dekati Pemilih Muda

Rabu, 11 April 2018 – 14:28 WIB
Jokowi Ambil Start Terdepan untuk Dekati Pemilih Muda - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat komunikasi politik Silvanus Alvin menganalisis Joko Widodo (Jokowi) berupaya meraih dukungan dari para pemilih pemula jelang Pemilu Presiden 2019. Peraih gelar master dari University of Leicester di Inggris itu mengatakan, Jokowi mengambil hati anak-anak muda dengan masuk ke hal-hal yang sedang menjadi tren.

Sebagai contoh, Jokowi ikut memviralkan film Dilan dengan menonton bersama putrinya, Kahiyang Ayu. Selanjutnya, mantan gubernur DKI itu mengendarai chopper hasil modifikasi dari Royal Enfield Bullet 350.

Jaket yang dikenakan Jokowi saat naik chopper pun jadi omongan publik. Selain itu, sepatu Adidas yang dikenakan Jokowi saat jalan santau juga jadi perhatian masyarakat.

“Saat Jokowi sedang jalan santai, juga terekam di media sedang memakai sneakers Adidas Yeezy. Kultur dari sneakers ini sedang naik daun di kalangan muda," ujar Silvanus di Jakarta, Rabu (11/4).

Pengajar di Universitas Bunda Mulia ini menambahkan, belum ada kandidat lain yang mencoba berusaha masuk ke ranah anak muda seperti Jokowi. Padahal, potensi pemilih muda di rentang usia 17-24 tahun di Pemilu 2019 diperkirakan mencapai 70 juta atau sekitar 40 persen dari total pemilik hak pilih yang ditaksir berjumlah 196 juta jiwa.

"Angka ini memang belum final, tapi melihat besarnya jumlah pemilih pemula, para kandidat perlu mengambil hati pemilih pemula. Ini dapat menentukan keberhasilan mereka. Bisa dikatakan, nasib Indonesia berada di tangan muda-mudi bangsa," pungkas Silvanus.(gir/jpnn)

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar