Jokowi Diminta Umumkan Kriteria Calon Menteri ke Publik

Jokowi Diminta Umumkan Kriteria Calon Menteri ke Publik
Jokowi Diminta Umumkan Kriteria Calon Menteri ke Publik

jpnn.com - JAKARTA - Direktur Eksekutif Lingkar Madani Indonesia (Lima) Ray Rangkuti mendesak presiden terpilih Joko Widodo untuk mengumumkan secara jelas kriteria calon menterinya. Hal ini untuk mencegah masuknya usulan kandidat menteri yang bertentangan dengan visi misi Presiden RI ke-7 itu.

"Agar masyarakat juga bisa membaca kemana arah pembentukan kabinet ini," kata Ray dalam sebuah diskusi di Jakarta, Senin (4/8).

Menurut Ray, ide Jokowi meminta usulan rakyat terkait calon menteri sangat baik. Tapi, tanpa kriteria yang jelas, masyarakat dikhawatirkan akan memberi masukan yang keliru.

Hal tersebut, lanjutnya, sudah terlihat dengan masuknya nama-nama penganut faham neoliberal sebagai kandidat calon menteri bidang perekonomian. Padahal, visi misi Jokowi jelas berpihak pada ekonomi kerakyatan.

"Kalau sudah jelas kriterianya kan masyarakat tidak mungkin mengusulkan. Jangan sampai Jokowi jadi buka pasar bebas menteri," tegas Ray. (dil/jpnn)


JAKARTA - Direktur Eksekutif Lingkar Madani Indonesia (Lima) Ray Rangkuti mendesak presiden terpilih Joko Widodo untuk mengumumkan secara jelas kriteria


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News