Jokowi Dinilai Berhasil Persiapkan Generasi Muda Untuk Bersaing di Dunia Digital

Jokowi Dinilai Berhasil Persiapkan Generasi Muda Untuk Bersaing di Dunia Digital
Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ilustrasi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Guru Besar Universitas Pattimura, Fredy Leiwakabessy, menilai langkah Presiden Jokowi dalam mempersiapkan generasi muda yang kompetitif, merupakan konsep visioner menuju era keemasan Indonesia.

Menurutnya, potensi Indonesia yang memiliki banyak sumber daya manusia (SDM) berhasil dimanfaatkan dengan baik oleh Presiden Jokowi.

Sebab menurutnya sumber daya manusia yang kompetitif menjadi satu tolak ukur kemajuan suatu bangsa.

“Daya saing itu menjadi indikator penting bagi perkembangan ekonomi global sehingga kita harus bisa menyiapkan generasi muda yang menguasai ilmu pengetahuan, informasi dan teknologi digital sehingga mereka memiliki daya saing di pasar lokal, nasional bahkan global,” kata Fredy di Universitas Pattimura Ambon beberapa waktu lalu.

Fredy menjelaskan daya saing bisa tumbuh jika ada kompetisi. Sebab di situlah kemampuan generasi muda untuk bersaing akan teruji.

Hal ini sejalan dengan visi Jokowi yang senantiasa menyiapkan berbagai program untuk generasi muda menghadapi persaingan global.

“Saya melihat pemikiran Pak Jokowi sudah jauh ke depan dengan visi Indonesia Emas 2045 di mana usia (kemerdekaan) kita sudah memasuki 100 tahun. Dan Pak Jokowi sudah memikirkan itu, bagaimana kita bisa menguasai pasar dunia,” tegasnya.

Untuk mewujudkan hal itu, semua pihak harus mendukung pemerintah dalam menyiapkan generasi muda yang kompetitif, tak terkecuali perguruan tinggi.

Potensi Indonesia yang memiliki banyak sumber daya manusia (SDM) berhasil dimanfaatkan dengan baik oleh Presiden Jokowi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News