Jokowi Dorong Indonesia Bisa Produksi Biodiesel 100 Persen dari Sawit

Jokowi Dorong Indonesia Bisa Produksi Biodiesel 100 Persen dari Sawit
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman melakukan uji coba biodiesel B100 di kantornya, kawasan Ragunan, Jakarta Selatan, Senin (15/4). Foto: Fathan Sinaga/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Setelah mengembangkan Biodiesel 30 persen, Presiden Joko Widodo menginginkan Indonesia harus bisa membuat Biodiesel 100 persen berbahan baku minyak kelapa sawit.

"Kita bisa membuat B100," beber Jokowi dalam sidang bersama DPD-DPR R1 2019 di Senayan, Jakarta, Jumat (16/8) kemarin.

BACA JUGA: Jokowi Targetkan Penggunaan Biodiesel B50 Akhir 2020

Saat ini, pemerintah telah berhasil melakukan percobaan bahan bakar biodiesel 30 persen atau B30. Bahkan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah melakukan percobaan uji jalan pada kendaraan darat atau mobil.

"Kita sudah mulai dengan program B20, akan masuk ke B30 campuran solar dengan 30 persen biodiesel," sambung Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menegaskan, bahwa Indonesia bisa lebih maju dari sekarang. "Kita harus berani memulai dari sekarang beberapa lompatan kemajuan sudah kita lakukan," imbuhnya.

Bahkan Jokowi menyebut Indonesia sudah bisa memproduksi sendiri bahan bakar minyak (BBM) avtur untuk kendaraan pesawat. Namun, Jokowi mengimbau Indonesia harus bisa membuat BBM avtur dengan menggunakan kelapa sawit.

"Kita sudah memproduksi sendiri avtur hingga tidak impor avtur lagi. Tapi kita bisa lebih dari itu, kita bisa ekspor avtur, kita juga ingin produksi avtur berbahan sawit," tegas Jokowi. (mg9/jpnn)


Setelah mengembangkan Biodiesel 30 persen, Presiden Joko Widodo menginginkan Indonesia harus bisa membuat Biodiesel 100 persen berbahan baku minyak kelapa sawit.


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News