Jokowi Ingatkan Komitmen Dukungan Tanpa Syarat

Jokowi Ingatkan Komitmen Dukungan Tanpa Syarat
Joko Widodo atau yang akrab dipanggil Jokowi. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Presiden terpilih Joko Widodo mengingatkan anggota koalisi pendukung Jokowi-JK untuk mematuhi komitmen memberikan dukungan tanpa syarat. Jokowi mempersilakan partai pendukung mengusulkan nama calon anggota kabinet, namun Jokowi-JK memastikan tidak akan terpaku pada daftar yang diberikan.

Jokowi menegaskan, komitmen yang dibangun sejak partai-partai pendukung melakukan komunikasi politik dengan dirinya sebelum pilpres adalah memberikan dukungan tanpa komitmen pembagian kekuasaan.

"Mau ngasih lima, sepuluh (nama calon menteri) ya nggak apa-apa. Yang penting saya sudah ngomong di depan (dukungan) tanpa syarat," terangnya di Balai Kota Jakarta kemarin (5/8).

Jokowi menambahkan, meski partai pendukung Jokowi-JK memberikan sepuluh nama, tidak ada jaminan nama-nama tersebut akan diakomodasi. Dia akan mempertimbangkan kapasitas calon menteri yang diusulkan itu untuk memastikan program kerjanya berjalan.

"Kamu (wartawan) ngajukan (nama calon menteri) juga boleh kok. Kamu ngasih berapa, sepuluh (nama)? kamu berapa, lima puluh (nama)? ya enggak apa-apa, saya beri..beri peluang," kelakar Jokowi.

Pernyataan Jokowi tersebut menanggapi pertanyaan wartawan tentang pernyataan salah satu politikus PKB yang mengingatkan janji Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang akan memberikan kursi menteri agama kepada PKB atau Nahdlatul Ulama.

Jokowi dalam berbagai kesempatan menyatakan akan memprioritaskan profesionalitas dibandingkan latar belakang politik calon menteri yang akan membantunya di kabinet. Dia bahkan pernah menyebut hanya akan memberikan sekitar 20 persen porsi kabinetnya pada profesional dari kalangan partai politik pendukungnya. Selebihnya profesional murni yang tidak berafiliasi ke partai politik.

Jokowi juga meminta masyarakat dan partai politik pendukungnya tidak mengasosiasikan Tim Transisi Pemerintahan yang dibentuknya merupakan elite yang menentukan nama-nama kabinet.

JAKARTA - Presiden terpilih Joko Widodo mengingatkan anggota koalisi pendukung Jokowi-JK untuk mematuhi komitmen memberikan dukungan tanpa syarat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News