Jokowi Janji Menaikkan Anggaran TNI di 2020, Berapa, Pak?

Jokowi Janji Menaikkan Anggaran TNI di 2020, Berapa, Pak?
Presiden Joko Widodo saat memeriksa pasukan pada upacara HUT ke-74 TNI di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (5/10). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi bangga dengan capaian yang diraih Tentara Nasional Indonesia selama ini. Dia pun berjanji akan meningkatkan kesejahteraan anggota TNI.

Apalagi Jokowi menilai hubungan antarmatra belakangan ini semakin padu dan solid.

"Tadinya terpilah di masing-masing matra sekarang semakin terpadu. Pemerintah komit tingkatkan profesionalisme TNI," ujar Jokowi di Lanud TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (5/10).

Komitmen ini ditandai dengan adanya 60 jabatan pati baru hingga harmonisasi rancangan peraturan presiden tentang organisasi TNI melalui penambahan 450 posisi baru perwira pangkat kolonel dan 300 posisi baru perwira tinggi TNI.

Pemerintah juga bakal ‎menambah alat utama sistem pertahanan atau alutsista hingga peningkatan kemandirian industri pertahanan nasional seperti yang diamanatkan undang-undang

"Pendidikan dan pelatihan TNI ditingkatkan. Anggaran pertahanan 2019 sebanyak Rp 121 triliun akan dinaikkan menjadi Rp 131 triliun di 2020. Pemerintah upayakan kredit perumahan untuk prajurit akan tingkatkan. Tunjangan TNI jadi 80 persen di 2020," kata Jokowi. (cuy/jpnn)

Jokowi menilai hubungan antarmatra TNI yang dahulu terpilah, sekarang semakin padu dan solid.


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News