Jokowi Janji Pidahkan 19 Ribu KK dari Kampung Kumuh ke Rusun

Jokowi Janji Pidahkan 19 Ribu KK dari Kampung Kumuh ke Rusun
Jokowi Janji Pidahkan 19 Ribu KK dari Kampung Kumuh ke Rusun

jpnn.com - JAKARTA  - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo terus mengupayakan kehidupan yang layak bagi masyarakat Ibu Kota yang masih hidup di lingkungan kumuh. Dia menargetkan, akan memindah sekitar 19 ribu kepala keluarga (KK) dari permukiman kumuh ke 200 blok rumah susun yang akan dibangun di Jakarta tahun depan.

"Dengan dibangunnya 200 blok rusun, maka akan 19 ribu KK akan dipindahkan," kata Jokowi, Kamis (28/11). Kata dia, saat ini di Jakarta terdapat 360 kampung kumuh yang tersebar di berbagai wilayah.

Menurut dia, sekitar 2.600 kepala keluarga sudah dipindahkan dari kampung kumuh dan kini menempati rumah susun Marunda maupun Pinus Elok. "Karena lahan di DKI terbatas, maka tidak ada pilihan selain vertical housing atau membangun ke atas," kata dia.

Ia mengatakan lahan yang ditinggalkan nantinya akan menjadi ruangan publik yang dilengkapi dengan taman kota maupun fasilitas lainnya. Jadi itu bisa menambah persentase ruang terbuka hijau di Jakarta.

Terkait penanggulangan banjir di Jakarta, Pemprov terus melakukan normalisasi sungai maupun waduk serta membuat sumur resapan yang dalamnya sekitar 60 meter.

"Hampir semua titik sumur resapan memang mengganggu tapi kalau sudah jadi maka akan sangat membantu untuk mengurangi banjir," kata dia. (rr/mas)


JAKARTA  - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo terus mengupayakan kehidupan yang layak bagi masyarakat Ibu Kota yang masih hidup di lingkungan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News