Jokowi Klarifikasi kepada Para Ulama Soal Dua Tuduhan Ini

Jokowi Klarifikasi kepada Para Ulama Soal Dua Tuduhan Ini
Presiden Jokowi saat bersilaturahmi dengan ulama se-Jabodetabek di Istana Negara, Kamis (7/2). Foto: Setpres

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo kembali memberikan klarifikasi soal fitnah yang kerap dituduhkan kepada dirinya. Contohnya ada yang menyebut Jokowi itu PKI, dan antek asing.

Jokowi mengatakan, kalau kematangan dan kedewasaan masyarakat dalam berpolitik sudah matang, yang namanya hoaks tidak masalah. Persoalannya, bangsa ini sekarang sedang berproses mewujudkan pendewasaan politik itu. Akibatnya, seringkali berita fitnah sangat mengguncangkan dan mempengaruhi kenyamanan masyarakat.

"Saya berikan contoh soal Presiden Jokowi PKI. Ada lagi Presiden Jokowi antek asing, antek aseng. Ada lagi Presiden Jokowi anti-ulama dan kriminalisasi ulama," kata Jokowi.

Hal itu diungkapkannya ketika bersilaturahmi dengan ratusan kiai dan habaib se-Jabodetabek, di Kompleks Istana Negara, Jakarta pada Kamis (7/2).

"Ya Kalau saya blakblakan. Kalau saya memang, kalau namanya manusia ya khilaf, ya minta maaf. Kalau endak ya saya hampir sempat setengah tahun diam dan sabar saja. Namun sekarang saya perlu menjawab. Menjawab itu bukan marah ya," lanjut Jokowi.

Soal tuduhan PKI, dia kembali menegaskan dirinya ketika itu masih balita. Sebab, dirinya lahir tahun 1961, sementara PKI dibubarkan tahun 1965. Artinya, dia masih berumur 4 tahun masa itu.

Mengenai antek asing, mantan wali kota Solo itu bercerita mengenai keberhasilan pemerintahannya menguasai kembali sejumlah blok migas dari pengelolaan asing. Salah satu vontohnya Blok Mahakam yang sudah 50 tahun dikuasai Inpex dan Total, tahun 2015 berhasil diambilalih 100 persen dan diserahkannya ke Pertamina.

"Saya serahkan kepada Pertamina. Saya dari dulu tidak pernah cerita ini, karena saya anggap itu biasa. Kewajiban kita. Karena ada tuduhan antek asing ya saya jawab," tegas suami Iriana.

Presiden Joko Widodo kembali memberikan klarifikasi soal fitnah yang kerap dituduhkan kepada dirinya. Contohnya ada yang menyebut Jokowi itu PKI, dan antek asing.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News