Debat Capres 2019

Jokowi - Ma’ruf dan Prabowo - Sandi Sama-sama Tak Maksimal

Jokowi - Ma’ruf dan Prabowo - Sandi Sama-sama Tak Maksimal
Pasangan capres dan cawapres Jokowi Ma’ruf dan Prabowo - Sandi saling beradu pandangan dalam debat perdana capres-cawapres Pilpres 2019, Jakarta, Kamis (17/1). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Hendri Satrio menilai debat capres 2019 di Hotel Bidakara pada Kamis malam (17/1), tidak berpengaruh besar terhadap dukungan kepada kedua pasangan calon.

Alasannya karena penampilan Joko Widodo - Ma'ruf Amin maupun Prabowo Subianto - Sandiaga Uno, sama-sama tidak maksimal.

"Kemarin hanya menyenangkan masing-masing pendukung yang memang sudah loyal terhadap Jokowi dan Prabowo," kata Hendri saat berbincang dengan JPNN, Jumat (18/1).

Debat perdana tersebut menurut pengajar di Universitas Paramadina itu, tidak bisa diharapkan untuk menggaet suara swing voters atau pemilih mengambang.

“Itu belum bisa mengubah suara, apakah dari pendukung Jokowi ke Prabowo, ataukah dari Prabowo ke Jokowi. Kemarin masih terlalu biasa. Bllundernya juga banyak," jelas Hendri.

Pendiri lembaga KedaiKOPI (Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia) tersebut, juga memandang emosional kedua paslon juga masih tiinggi.

Di samping itu, tambahnya, manajemen waktu debat juga kacau, sehingga membuat para kandidat sulit mengelaborasi materi.(fat/jpnn)


Hendri Satrio menilai penampilan Joko Widodo - Ma'ruf Amin maupun Prabowo Subianto - Sandiaga Uno saat debat perdana capres 2019, sama-sama tidak maksimal.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News