Jokowi Mewujudkan Pemerataan Ekonomi Lewat IKN

Jokowi Mewujudkan Pemerataan Ekonomi Lewat IKN
Pemerintah mulai menyusun rencana pengembangan infrastruktur bagi penduduk di Ibu Kota Nusantara (IKN). Foto: Biro Setpres

jpnn.com, KALIMANTAN TIMUR - Tokoh Pemuda Kalimantan Timur (Kaltim) Ikzan Nopardi menyambut baik kehadiran Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di wilayahnya.

Melalui kebijakan pemindahan IKN tersebut, Jokowi berupaya untuk mewujudkan pemerataan ekonomi.

Menurutnya ide gagasan yang direalisasikan Jokowi tersebut bukan hanya menghadirkan pembangunan fisik saja.

Ikzan sepakat jika kehadiran IKN bisa memacu pertumbuhan ekonomi di seluruh daerah. Sehingga pemerataan ekonomi dapat diwujudkan.

“Dengan ini tentu yang menjadi catatan adalah proses perpindahan IKN tidak hanya pemindahan secara fisik saja, tetapi juga secara mindset dan pertumbuhan ekonomi yang tidak Jawa Sentris lagi,” ujar Ikzan.

Sebagai kaum muda, Ikzan sangat mengapresiasi keberanian Jokowi memindahkan IKN. Pasalnya, wacana perpindahan ibu kota negara sudah ada sejak zaman Soekarno, namun tidak pernah terwujud.

Menurut Ikzan komitmen dan keberanian Jokowi melakukan pemindahan IKN didasari oleh berbagai faktor. Salah satunya adalah menghindari penumpukan penduduk di satu wilayah.

“Kita melihat Presiden Jokowi punya keberanian untuk memindahkan IKN dengan beberapa alasan. Pertama soal kepadatan penduduk, ancaman tenggelamnya Jakarta, pemerataan dan lain sebagainya,” papar Ikzan.(chi/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

Presiden Joko Widodo dinilai memiliki misi besar terkait gagasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News