Jokowi Peringkat ke-13 Muslim Berpengaruh di Dunia

Jokowi Peringkat ke-13 Muslim Berpengaruh di Dunia
Jokowi berada di urutan ke-13 muslim berpengaruh duni. Foto: tangkapan layar themuslim500.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo alias Jokowi masuk dalam deretan 50 Besar muslim berpengaruh di dunia, tepatnya di urutan ke-13.

Hasil tersebut merupakan kajian dari The Royal Islamic Strategic Studies Centre (RISSC), yang merupakan lembaga riset independen yang terafiliasi dengan Institut Aal Al Bayt Kerajaan untuk Pemikiran Islam, Amman, Yordania.

Tokoh yang masuk The Muslim 500: The World's 500 Most Influental Muslims 2020 karena memiliki pengaruh keumatan, keyakinan, gagasan, perilaku, serta karya. RISSC memilih tokoh muslim dari berbagai kategori, seperti keilmuwan, politik, agama, penceramah dan pembimbing spritual, filantropi, isu sosial, bisnis, sains dan teknologi, seni dan budaya, qari Al-Quran, selebriti dan bintang olahraga, hingga ekstrimis.

Tokoh muslim berpengaruh yang berada di urutan pertama adalah Syekh Muhammad Taqi Usmani. Disusul di posisi kedua oleh Ayatollah Haji Sayyid Ali Khamenei. Sementara itu, Raja Salman bin Abdul-Aziz Al-Saud berada di urutan keempat dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berada di posisi keenam. Jokowi naik tiga peringkat dari 'musim lalu'. Pada daftar 500 Muslim Dunia Paling Berpengaruh Tahun 2018-2019, Jokowi menempati urutan ke-16.

Selain Jokowi, nama lain dari Indonesia yang masuk dalam daftar 50 muslim berpengaruh, yakni Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH. Said Aqil Siradj di posisi 19. Selain itu, ada juga Ketua Forum Ulama Sufi Sedunia atau Al Muntada' Sufi Al 'Alami Habib Luthfi bin Yahya yang berada di urutan 33.

Masuknya Presiden Jokowi dalam daftar 50 besar muslim berpengaruh di dunia bikin heboh netizen. Banyak yang memuji dan ikutan bangga. "Bro, Sis, jelas ya. Dunia saja mengakui kalau Pria ini adalah seorang Muslim, bahkan masuk 50 muslim berpengaruh di dunia. Beliau pantas memimpin RI utuk periode kedua," kicau @mochamadarip.

Akun @NgkongRoses menimpali. "Proud to be Indonesian," cuitnya senada dengan ucapan selamat @edelweis2901. "Alhamdulillah. Congratulation."

Pemilik akun @ARLJ4 yakin masyarakat Indonesia tambah bangga karena Presidennya namanya semakin harum di luar negeri. "Presiden kebanggaan rakyat Indonesia. Sampai diakui dunia internasional. Hormat kepada Pak Presiden @jokowi," tulis akun ini. (faq/rmco)

Selain Jokowi, nama lain dari Indonesia yang masuk dalam daftar 50 muslim berpengaruh yakni Said Aqil Siradj dan Habib Luthfi bin Yahya.


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News