Jokowi Resmikan Jembatan Senilai Rp 1,8 Triliun di Jayapura

Jokowi Resmikan Jembatan Senilai Rp 1,8 Triliun di Jayapura
Presiden Jokowi mengunjungi Papua. Foto: Humas Kemendagri for JPNN.com

jpnn.com, JAYAPURA - Jembatan Youtefa di Jayapura, Papua, akhirnya diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Senin (28/10). Pada kesempatan yang sama, Presiden ketujuh RI itu juga mencanangkan pembangunan creative innovation hub Papua Muda Inspiratif.

Jokowi mengaku senang dengan diresmikannya jembatan yang dibangun selama empat tahun terakhir.

"Hari ini saya senang bisa meresmikan Jembatan Youtefa, bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda," kata Jokowi dalam sambutan di acara peresmian jembatan tersebut.

Menurutnya, pembangunan Jembatan Youtefa menjadi tonggak sejarah di tanah Papua. Bukan hanya simbol yang menyatukan bangsa, namun simbol pentingnya sebuah kemajuan untuk membangun bumi Cenderawasih.

"Jembatan yang dibangun empat tahun dengan anggaran Rp 1,8 triliun. Ini kalau dimiliarkan 1.800 miliar. Silakan kalau mau ngitung," ucap Presiden dengan nada bercanda.

Jembatan Youtefa yang juga dikenal dengan nama Holtekamp, terdiri dari jalan akses sepanjang 9.950 meter, jalan pendekat 320 meter, dan jembatan pendekat sisi Holtekamp sepanjang 900 meter dan bentang tengah sepanjang 433 meter.

"Jembatan Youtefa ini mempersingkat waktu tempuh sekitar 70 menit dari Jayapura ke Distrik Muara Tami dan Pos Lintas batas di Skouw. Saya dapat informasi bahwa jembatan Youtefa menjadi ikon baru Papua yang jadi sarana pendukung dalam PON 2020," ucap mantan gubernur DKI Jakarta itu. (fat/jpnn)

Jembatan Youtefa menjadi tonggak sejarah di tanah Papua, simbol yang menyatukan bangsa dan sebuah kemajuan untuk membangun bumi Cenderawasih.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News