Jokowi Sayang Golkar, Pilpres Berpotensi Mirip Pilgub Jatim

Jokowi Sayang Golkar, Pilpres Berpotensi Mirip Pilgub Jatim
Presiden Jokowi menyalami warga. Foto: Ifransyah/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko widodo melantik Sekretaris Jenderal DPP Partai Golkar Idrus Marham sebagai menteri sosial, dengan tetap mempertahankan Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto sebagai menteri perindustrian.

Sikap tersebut terkesan memperlihatkan presiden mengistimewakan partai berlambang beringin.

Akibatnya, bukan tidak mungkin peta koalisi partai politik pada pemilihan presiden 2019 bakal berubah. Bisa saja PDI Perjuangan menarik dukungan pada Jokowi.

"Saya menduga dengan diistemawakannya Golkar, koalisi parpol pada Pemilihan Presiden 2019 ini bakal mirip dengan koalisi yang terjadi di Pemilihan Guberur Jawa Timur, di mana Jokowi punya jago sendiri, PDIP juga punya jago sendiri," ujar pengamat politik Hendri Satrio kepada JPNN, Sabtu (20/1).

Menurut pengajar di Universitas Paramadina ini, bisa saja nantinya di Pilpres 2019 partai yang mengusung Jokowi adalah koalisi Partai Golkar, Hanura, NasDem, dan Demokrat.

Sementara partai berlambang banteng moncong putih akan kembali berkoalisi dengan Partai Gerindra, seperti pada Pemilu 2009 lalu.

Saat itu Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri maju sebagai calon presiden berpasangan dengan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon wakil presiden.

"Saya kira itu bisa saja terjadi, PDIP akhirnya kembali berkoalisi dengan Gerindra. Sementara Jokowi maju dengan dukungan koalisi Golkar, Demokrat, Hanura dan NasDem," pungkas Hendri.(gir/jpnn)


Langkah Presiden Jokowi yang mengistimewakan Partai Golkar membuka peluang PDIP menarik dukungan dan berkaolisi dengan Gerindra.


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News