Jokowi Singgung soal Cawapres di Depan Sekjen Parpol

Jokowi Singgung soal Cawapres di Depan Sekjen Parpol
Presiden Joko Widodo dalam pertemuan dengan para sekretaris jenderal partai pengusungnya di Grand Garden Resto & Cafe, kompleks Kebun Raya Bogor, Selasa (31/7). Foto: Instagram

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjamu para sekretaris jenderal partai politik pendukungnya di Bogor, Selasa (31/7) malam. Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto yang ikut hadir pada pertemuan itu mengungkapkan, pertemuan sembari makan malam itu sudah membahas soal calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampingi Jokowi di Pemilu 2019.

"Beliau (Jokowi, red) menyampaikan berbagai perkembangan terhadap cawapres," kata Hasto di kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Rabu (1/8).

Namun, para sekjen partai politik yang ikut hadir tak membahas lebih jauh soal cawapres. Alasannya, hal itu menjadi domain ketua umum parpol pendukung Jokowi.

Hasto menambahkan, soal pengumuman nama cawapres pendampig Jokowi tergantung pada konsolidasi para ketua umum parpol pendukungnya. Karena itu Hasto menepis anggapan yang menyebut Jokowi tak kunjung mengumumkan nama cawapres karena menunggu kepastian tentang figur yang akan mendampingi Prabowo Subianto.

Menurut Hasto, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan membuka pendaftaran pasangan capres-cawapres pada 4-10 Agustus mendatang. “Pada tanggal-tanggal itu partai-partai juga melakukan konsolidasi sehingga tentu saja tahapannya Pak Jokowi ketemu seluruh ketum Parpol, kemudian akan diumumkan bersama-sama pada momentum yang tepat," ungkap Hasto.

Apakah pengumuman nama cawapres Jokowi karena menunggu putusan Mahkamah Konstitusi (MK) soal uji materi masa jabatan wakil presiden? Hasto membantahnya.

"MK kan bersifat independen, kami tidak boleh intervesi secara politik. Karena hukum itu dirumuskan dengan sangat baik dan seluruh suasana kebatinan oleh para pendiri bangsa," jelas Hasto.(tan/jpnn) 


Pertemuan Presiden Joko Widodo dengan para sekretaris jenderal partai politik di Bogor pada Selasa (31/7) malam sudah menyinggung soal cawapres.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News