Jokowi Suka Jamu, tapi Kopi juga Penting

Jokowi Suka Jamu, tapi Kopi juga Penting
Presiden Jokowi memberikan kopi untuk perwakilan Paskibraka di Istana Negara, Selasa (15/8). Foto M Fathra NI/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengaku suka minum jamu. Namun menurut kepala negara yang biasa disapa Jokowi itu, meminum kopi juga penting.

Jokowi mengungkap hal tersebut saat mengajak anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) minum kopi bersama setelah apacara pengukuhan di Istana Negara, Jakarta, Selasa (15/8).

Aneka kopi memang telah disediakan di salah satu pojok ruangan upacara pengukuhan Paskibraka, untuk dinikmati. Ada banyak jenis kopi di sana, seperti kopi gayo, kopi kintamani, kopi mandailing, kopi lampung, hingga kopi wamena.

"Kopi dari‎ barat, Sabang sampai ke timur Merauke, itu banyak sekali. Ini mulai kami kenalkan brand lokal," ucap Jokowi sembari memegang secangkir cappuccino berbahan dasar biji kopi asal Kintamani, Provinsi Bali.

Dia mendukung tumbuhnya industri kopi dalam negeri. Karena itu, biji kopi yang dihasilkan berbagai daerah tidak boleh dijual dalam bentuk mentah saja. Harus diupayakan kopi yang siap dinikmati melalui racikan para barista (peracik kopi).

"Mungkin bisa jadi barista dalam rumah-rumah pribadi, dan barista di kafe-kafe. Itu kira-kira. Tapi yang paling penting kopinya dicoba dulu," ajak mantan gubernur DKI Jakarta itu, didamping Ibu Negara Iriana dan Menko PMK Puan Maharani.

Pada kesempatan itu, Jokowi juga memberikan dua cangkir kopi untuk perwakilan anggota Paskibraka. Saat ditanya apakah kopi juga menjadi minuman sehari-harinya, Jokowi mengaku suka mengonsumsi jamu. "Enggak harian, saya hariannya jamu. Tapi kopi penting diminum," katanya sembari tertawa. (fat/jpnn)


Presiden Joko Widodo mengaku suka minum jamu. Namun menurut kepala negara yang biasa disapa Jokowi itu, meminum kopi juga penting.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News