Jokowi vs PDIP, Gimana Nasib Menteri Rini?

Jokowi vs PDIP, Gimana Nasib Menteri Rini?
Rini Soemarno, Menteri BUMN yang sedang dalam pusaran untuk Reshuffle/ Dok JPNN

jpnn.com - JAKARTA--Sejak pertengahan pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla, PDI Perjuangan kukuh ingin Menteri BUMN Rini Soermano didepak dari Kabinet Kerja. Menurut pengamat politik Rahmat Bagja, desakan itu makin gencar belakangan ini. Jika itu terjadi, kata dia, Rini bisa bernasib seperti mantan Seskab Andi Widjayanto yang dicopot Jokowi atas instruksi PDIP.

“Rini dituduh PDIP sebagai menteri yang enggak perform. Padahal presiden mengatakan sebaliknya. Saya lihat kejadiannya nanti seeperti Andi. Andi Widjajanto kan sebenarnya masih perform, tapi karena begitu kerasnya PDIP dengan Andi jadi diganti. Rini bisa juga demikian," kata Rahmat di Jakarta, Minggu (8/11).

Meski demikian, Rahmat memperkirakan, kali ini Jokowi akan mempertahankan Rini. "Menurut saya Rini masih akan dipertahankan. Pasti dipertahankan," imbuhnya.

Rahmat tidak memberikan alasan prediksinya tersebut. Namun, dilihat dari reshuffle jilid I, Rini berhasil lolos padahal namanya disebut-sebut akan menjadi salah satu yang diganti.  Karena itu, Rahmat menduga jika ada reshuffle jilid II mungkin saja Jokowi akan mempertahankan Rini. (flo/jpnn).

JAKARTA--Sejak pertengahan pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla, PDI Perjuangan kukuh ingin Menteri BUMN Rini Soermano didepak dari Kabinet Kerja.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News