Jumlah ASN Yang Ikut Pilkada 2018 Diprediksi Meningkat

Jumlah ASN Yang Ikut Pilkada 2018 Diprediksi Meningkat
Pilkada. Ilustrasi: dokumen JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Sumarsono belum bisa memastikan berapa banyak jumlah aparatur sipil negara (ASN) yang maju sebagai pasangan calon kepala daerah pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018, yang digelar serentak di 171 daerah.

Namun, mantan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta ini memperkirakan jumlahnya lebih banyak dibanding ASN yang maju di Pilkada serentak pada 2017 lalu.

"Soal jumlah saya belum bisa sebutkan, perkiraan kayanya pilkada ini lebih banyak dibanding pilkada sebelumnya. Dulu, di hari-hari awal gini belum kelihatan ASN yang mau mencalonkan. Sekarang sudah terasa di sejumlah tempat," ujar Sumarsono di kantor Kemendagri, Jakarta, Senin (8/1).

Sumarsono meyakini, bukan hanya ASN yang disebut cukup banyak maju di Pilkada 2018, namun juga petinggi dari kepolisian dan TNI.

"Ini fenomena yang diwarnai para aparat pemerintah, terutama PNS yang semakin banyak," ucapnya.

Saat ditanya pengusulan nama penjabat kepala daerah pada daerah-daerah yang masa jabatan kada sudah berakhir, sementara pilkada belum digelar, Sumarsono mengatakan paling tidak satu bulan sebelum masa jabatan kepala daerah berakhir.

"Tapi kalau (saat pilkada,red) kepala daerah belum memasuki akhir masa jabatan dan mencalonkan kembali, harus cuti di luar tanggungan. Nah itu harus segera disampaikan," pungkas Sumarsono.(gir/jpnn)


Bukan hanya ASN yang diprediksi maju di Pilkada 2018, namun juga petinggi dari kepolisian dan TNI, banyak yang akan mencoba peruntungannya.


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News