Jumlah Penduduk Miskin Berpotensi Bertambah

Jumlah Penduduk Miskin Berpotensi Bertambah
Penduduk miskin. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, BALIKPAPAN - Jumlah penduduk miskin di Kalimantan Timur, khususnya di Balikpapan, berpotensi akan bertambah.

Hal ini seiring dengan kondisi perekonomian Kaltim dan Balikpapan yang masih belum pulih benar.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Balikpapan Abdul Aziz mengatakan, data terakhir yang dihimpun menunjukkan bahwa jumlah penduduk miskin mencapai angka 9.364 jiwa.

Disebut dia, setiap tahun memang jumlah penduduk miskin di Balikpapan cenderung mengalami peningkatan. “Itu data 2015 dalam daftar pembagian beras sejahtera,” terang dia, seperti diberitakan Kaltim Post (Jawa Pos Group).

Untuk data terbaru, Abdul Aziz mengaku pihaknya masih dalam proses pendataan kembali melalui program Mekanisme Pemutakhiran Mandiri (MPM). Mengingat data jumlah penduduk kurang mampu memang mesti diperbarui setiap dua tahun sekali.

Dia menargetkan, proses pendataan dapat selesai pada Oktober nanti. Saat ini, dikatakan dia, proses tinggal menyisakan entry data.

Dia menyebut, proses pendataan penduduk tidak mampu kini tidak lagi dilakukan dengan mendatangi warga. Dissos melibatkan kelurahan dalam upaya pendataan penduduk kurang mampu.

“Mekanismenya sekarang masyarakat yang mendatangi kelurahan untuk mendaftar. Nanti mereka yang mendaftar akan kami verifikasi,” kata dia.

Proses pendataan penduduk miskin kini tidak lagi dilakukan dengan mendatangi warga.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News