Jumlah Penumpang Bus Anjlok

Jumlah Penumpang Bus Anjlok
Jumlah Penumpang Bus Anjlok

jpnn.com - MESKI puncak arus balik pemudik terjadi pada H+2 dan H+3 lebaran, namun di Terminal Bus Kota Tegal, justru terlihat lengang. Tidak terjadi adanya lonjakan penumpang sama sekali. Bahkan, kondisi yang ada cenderung sama dengan hari biasa.

Menurut Kepala Terminal Bus, Teguh Prihatno, jumlah penumpang bus di tempatnya, pada arus mudik dan balik Lebaran Idul Fitri tahun ini turun drastis. "Sejak H-7 sampai kemarin atau H+2, disbanding waktu yang sama tahun sebelumnya, jumlah penumpang turun drastis," ujarnya.

Disebutkan, saat ramai-ramainya arus mudik, jumlah penumpang yang paling banyak terjadi H-2, dengan total 7.735 orang. Jumlah ini turun 36 persen, bila disbanding waktu yang sama tahun lalu, yang mencapai 12.121 penumpang.

Kemudian pada saat arus balik H+1, jumlah penumpang hanya 4.087 orang. Ini turun 27,57 persen daripada tahun lalu, yang mencapai 4.643 orang. Demikian pula pada H+2 yang diperkirakan sebagai puncak arus balik pemudik. Jumlah penumpang saat itu hanya 4.935.

Total penumpang tersebut turun hampir 50 persen dibanding waktu yang sama tahun sebelumnya, yang mencapai 8.758 penumpang. Bahkan terdapat 15 armada bus jurusan Tegal-Jakarta yang tidak kebagian penumpang.

"Pada H+3 atau hari ini (kemarin, red) kondisi terminal juga masih lengang dan tidak ada lonjakan penumpang. Namun untuk data lengkapnya belum bisa kami sebutkan, karena masih belum selesai proses rekap," katanya.

Teguh mengungkapkan, sepinya penumpang pada arus balik lebaran tahun ini disebebkan oleh beberapa faktor. Di antaranya banyaknya program mudik serta balik gratis yang dihelat pemerintah ataupun swasta. Baik itu melalui jalur darat, laut serta moda transportasi Kereta Api (KA).

Selain itu, juga dipengaruhi masa libur sekolah yang masih cukup panjang hingga sepekan kedepan. "Sekolah baru mulai kembali masuk Senin (19/8) mendatang. Makanya kami memprediksi puncak arus balik akan bergeser pada H+7 dan H+8 atau Sabtu dan Minggu (17-18/8) mendatang," ujarnya.

MESKI puncak arus balik pemudik terjadi pada H+2 dan H+3 lebaran, namun di Terminal Bus Kota Tegal, justru terlihat lengang. Tidak terjadi adanya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News