Jusuf Kalla Tak Kunjung Pulang

Agenda Kunjungan ke Empat Negara Habis

Jusuf Kalla Tak Kunjung Pulang
Jusuf Kalla Tak Kunjung Pulang
JAKARTA - Agenda kunjungan Wakil Presiden Jusuf Kalla ke empat negara (Jepang, Amerika Serikat, Belgia, dan Belanda) berakhir sejak 10 Februari. Namun, ketua umum Partai Golkar itu belum juga tiba di tanah air. Ke mana Kalla?

Sekjen Partai Golkar Sumarsono mengatakan, jadwal kunjungan Kalla memang molor daripada jadwal sebelumnya. Setelah dari Belanda, Kalla terbang lagi ke Amerika Serikat. ''Perjalanannya (Amerika ke Indonesia, Red) kan 14 jam. Jadi, mungkin beliau sampai di Indonesia Minggu pagi (besok, Red),'' kata Sumarsono Jumat (13/2).

Menurut Sumarsono, molornya jadwal kunjungan tersebut sudah seizin presiden. Karena itu, dia menganggap hal tersebut bukan masalah. Meski begitu, Sumarsono tak bisa mengatakan alasan molornya kunjungan Wapres itu. ''Itu kan bukan porsi saya. Lagi pula, itu sudah internal kenegaraan. Jadi, saya tidak tahu-menahu,'' katanya.

Sumarsono menambahkan, agenda yang menunggu Kalla di Indonesia cukup banyak. Yang paling ditunggu adalah persiapan rapat konsultasi nasional Partai Golkar pada 18 Februari. ''Sebagai pimpinan partai, begitu beliau datang, kami akan laporkan berbagai perkembangan yang terjadi. Beliau kan harus tahu. Tapi, kalau soal capres, itu jelas menunggu pemilu legislatif. Sekarang masih survei,'' ujarnya.

JAKARTA - Agenda kunjungan Wakil Presiden Jusuf Kalla ke empat negara (Jepang, Amerika Serikat, Belgia, dan Belanda) berakhir sejak 10 Februari.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News