Jutaan Jemaah Diprediksi Hadir di Puncak Acara Haul Guru Sekumpul

Jutaan Jemaah Diprediksi Hadir di Puncak Acara Haul Guru Sekumpul
Jelang Haul ke-15 Guru Sekumpul. Foto: Antara/Bayu Pratama

jpnn.com, MARTAPURA - Acara Haul Guru Sekumpul di Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, berlangsung Sabtu (29/2) dan Minggu (1/3) bertepatan 5 dan 6 Rajab 1441 Hijriah.

Haul Guru Sekumpul merupakan peringatan wafatnya KH Zaini bin Abdul Ghani atau akrab disapa Guru Sekumpul.

Polda Kalimantan Selatan mengerahkan 1.620 personel untuk mengamankan puncak acara Haul Ke-15 Guru Sekumpul di Martapura, pada Minggu malam.

"Personel yang mendapat tugas pengamanan hari ini sudah bersiaga sejak pagi yang disebar di seluruh area Sekumpul dan sekitarnya," kata Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani di Martapura, Minggu

Puncak haul Guru Sekumpul dilaksanakan di Mushalla Ar-Raudhah. Jemaah sudah memadati kawasan Sekumpul sejak beberapa hari terakhir.

Diprediksi jutaan jamaah dari berbagai penjuru tanah air, bahkan mancanegara hadir memperingati wafatnya ulama kharismatik di Bumi Lambung Mangkurat itu.

Petugas Kepolisian yang bertugas terdiri dari Polda Kalsel 556 personel, Polres Banjar 845 personel, Polresta Banjarmasin 144 personel, Polres Barito Kuala 25 personel, Polres Tanah Laut 25 personel dan Polres Hulu Sungai Selatan 25 personel.

Polres lainnya siaga di wilayah masing-masing untuk mengamankan jalur lalu lintas yang dilewati jemaah menuju Sekumpul.

Puncak acara Haul Guru Sekumpul di Martapura pada Minggu malam, diprediksi bakal dihadiri jutaan jemaah dari berbagai daerah di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News