JPNN.com

Kabar Baik dari Pak Ganjar, Akhirnya Jateng Punya Laboratorium untuk Teliti Hasil Tes Covid-19

Kamis, 26 Maret 2020 – 17:15 WIB Kabar Baik dari Pak Ganjar, Akhirnya Jateng Punya Laboratorium untuk Teliti Hasil Tes Covid-19 - JPNN.com
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat mengunjungi Balai Besar Litbang Vektor dan Reservoir Penyakit (B2P2VRP) Salatiga. Foto: Pemprov Jateng

jpnn.com, SALATIGA - Kementerian Kesehatan telah menunjuk Balai Besar Litbang Vektor dan Reservoir Penyakit (B2P2VRP) Salatiga, Jawa Tengah sebagai laboratorium penelitian penyakit corona.

Dari penunjukan itu diharapkan penanganan virus corona di Jawa Tengah bakal lebih cepat.

Pasalnya, nanti semua pengecekan sampel virus corona bisa dilakukan di laboratorium di Salatiga. Pengecekan pasien yang diduga terjangkit virus Covid-19 tak lagi harus dibawa ke Jakarta atau Yogyakarta seperti yang selama ini dilakukan.

Untuk melihat langsung persiapannya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau langsung fasilitas laboratorium tersebut.

Didampingi Kepala laboratorium dan para ahli, Ganjar mengecek satu per satu ruangan yang digunakan untuk pengecekan virus corona.

"Alhamdulillah Kemenkes sudah menunjuk Lembaga B2P2VRP Salatiga ini sebagai tempat pengecekan corona. Ini bisa membantu seluruh rumah sakit yang ada di Jateng untuk melakukan pengecekan," ujarnya.

Di laboratorium itu, lanjut Ganjar, pengecekan bisa dilakukan hanya dalam hitungan jam. Apabila sampel tiba sebelum pukul 12.00 WIB, maka hasil pengecekan sampel bisa diketahui pada sore hari.

"Kalau melebihi jam 12.00 WIB, maka hasilnya hari berikutnya. Namun apapun itu, ini progres yang sangat bagus untuk melakukan percepatan. Diambil minimalnya, di sini bisa melakukan pengecekan maksimal dua hari saja," tegasnya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...