Kabut Asap Ganggu Pilkada Serentak

Kabut Asap Ganggu Pilkada Serentak
ILUSTRASI. FOTO: DOK.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Koordinator Nasional Jaringan Pendidikan Pemilih Untuk Rakyat (JPPR) Masykurudin Hafidz menilai bencana asap akibat kebakaran yang cukup lama dan semakin meluas, berdampak besar terhadap pelaksanaan Pilkada serentak. Setidaknya terdapat 48 kabupaten/kota di lima provinsi yang terkena dampak asap kebakaran dan berpengaruh terhadap penyelenggaraan Pilkada.

“Daerah tersebut adalah di Kalimantan Tengah 14 daerah, Sumatera Selatan 7 daerah, Riau 9 daerah, Kalimantan Barat 7 daerah dan Jambi 11 daerah,” ujar Masykurudin, Selasa (27/10).

Menurut Masykurudin, ‎dampak kabut asap paling tidak berpengaruh terhadap rekrutmen dan bimbingan teknis penyelenggara, proses kampanye pasangan calon, pemasangan alat peraga di tempat-tempat umum dan distribusi logistik Pilkada.

Padahal, ‎bimbingan teknis merupakan sarana memastikan kemampuan petugas dalam melaksanakan pilkada. Namun, akibat kabut asap, Masykurudin khawatir dilakanakan ‎dengan penuh hambatan. 

“Pelatihan untuk memberikan pengetahuan dan ketrampilan dalam pemungutan dan penghitungan suara, terancam tidak diikuti oleh seluruh peserta yang seharusnya terlibat,” katanya.

Demikian juga kesempatan masa kampanye dengan tatap muka antara pasangan calon dengan masyarakat pemilih, menurut Masykurudin jelas sangat berkurang. Apalagi untuk menyampaikan visi, misi dan program dengan membangun komunikasi intensif, membutuhkan perbincangan tanpa masker yang nyata-nyata menghalangi pembicaraan dua arah.

Namun demikian, pemasangan alat peraga kampanye yang di‎pasang di tempat-tempat umum. Jarak pandang yang terbatas menghalangi pemilih untuk dapat melihat pesan-pesan Pilkada dalam spanduk dan baliho yang juga dibiayai dari pajak yang mereka bayar.

“Apabila bencana asap dari kebakaran tidak segera tertangani, bukan tidak mungkin dapat membatalkan Pilkada. Bila logistik tidak sampai ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) karena distribusi mengalami kendala, maka pemilih akan gagal menggunakan hak suaranya. Mudah-mudahan tidak,” ujar Masykurudin.(gir/jpnn)


JAKARTA – Koordinator Nasional Jaringan Pendidikan Pemilih Untuk Rakyat (JPPR) Masykurudin Hafidz menilai bencana asap akibat kebakaran yang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News