Kada Harus Kendalikan TNI dan Polri

Kasus Kerusuhan Buol

Kada Harus Kendalikan TNI dan Polri
Kada Harus Kendalikan TNI dan Polri
JAKARTA -- Mendagri Gamawan Fauzi menilai, kerusuhan berdarah di Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah, disebabkan lemahnya koordinasi di internal Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) yang di dalamnya antara lain ada kepala daerah serta pimpinan TNI dan polri setempat. Jika kepala daerah sebagai ketua FKPD bisa mengkoordinasikan persoalan dengan baik, maka kerusuhan bisa dicegah.

Gamawan menjelaskan, dalam kapasitasnya sebagai ketua FKPD, maka kepala daerah lah yang memegang kendali koordinasi. Saat ditanya apakah dengan demikian ada kewajiban polri dan TNI patuh pada kepala daerah, Gamawan menjawab, iya.

"Harus. Di bawah koordinasi kepala daerah. Kepala daerah itu wakil pemerintah pusat di daerah," terang Gamawan di kantornya, kemarin (3/9).

Dia cerita, saat sidang kabinet di Istana, Kamis (2/9), Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bertanya, apakah ada laporan dari gubernur dan bupati terkait kasus Buol itu. Karena memang tak ada laporan, Gamawan menyampaikan ke SBY bahwa tidak ada laporan yang masuk. "Makanya presiden marah. Ada kasus-kasus itu seharusnya mereka menjaga keamanan," ujar Gamawan.

JAKARTA -- Mendagri Gamawan Fauzi menilai, kerusuhan berdarah di Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah, disebabkan lemahnya koordinasi di internal Forum

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News