Kakak Bang Ipul Sengaja Pilih Pengacara Bersuami Hakim

Kakak Bang Ipul Sengaja Pilih Pengacara Bersuami Hakim
Samsul Hidayat (berseragam tahanan KPK) yang juga kakak kandung pedangdut Saipul Jamil. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Kakak dari penyanyi dangdut Saipul Jamil, Samsul Hidayatullah bersaksi di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (3/10) petang dalam perkara suap ke panitera Pengadilan Jakarta Utara (PN Jakut) Rohadi.

Pada persidangan itu Samsul mengaku memilih Berthanatalia Ruruk Kariman sebagai pengacara bagi Saipul. Pertimbangannya karena Bertha memiliki suami hakim.

Samsul merasa yakin karena Bertha mengaku bisa mengondisikan perkara Saipul sebagai terdakwa pencabulan terhadap bocah di bawah umur yang disidangkan di PN Jakut.

“Suaminya juga hakim. Oh ya udah saya yakin dengan Bu Bertha di pengadilan," kata Samsul. "Dia punya kemampuan mengondisikan.”

Setelah persidangan atas Saipul di PN Jakut berjalan, Samsul mengaku memercayakan uang sebesar Rp 560 juta ke Bertha. Menurut Samsul, uang itu ditarik dari rekening milik Saipul di BNI Syariah.

Ketua Majelis Hakim Sumpeno lantas menanyakan peruntukan uang Rp 560 juta dari rekening Saipul itu. "Itu pengertian anda buat siapa?" tanya Sumpeno.

Samsul pun tangkas menjawab. "Untuk transpor Bu Bertha," jawabnya.

Berthanatalia merupakan istri Karel Tuppu, hakim di Pengadilan Tinggi Jawa Barat. Karel pun mengaku pernah berkomunikasi dengan Bertha untuk membicarakan perkara Saipul Jamil.

JAKARTA - Kakak dari penyanyi dangdut Saipul Jamil, Samsul Hidayatullah bersaksi di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (3/10) petang dalam perkara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News